Fenomena Cahaya Utara Kembali Hiasi Langit Inggris

Fenomena Cahaya Utara Kembali Hiasi Langit Inggris

Fenomena Cahaya Utara Kembali Hiasi Langit Inggris-Istimewa/Internet.-

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Langit Inggris kembali dihiasi oleh fenomena menakjubkan Cahaya Utara atau aurora borealis pada Kamis malam, 13 September 2024. 

Ribuan warga Inggris dilaporkan terkesima dengan pemandangan langka ini, yang terakhir terlihat di Inggris pada Mei lalu. 

Banyak warga yang berusaha mengabadikan momen ini, meski beberapa kecewa karena ponsel mereka kesulitan menangkap keindahan aurora tersebut.

Menurut laporan, penduduk di Skotlandia, Cornwall, dan Devon menjadi saksi mata dari pemandangan indah ini, terutama mereka yang tinggal di dekat pesisir. 

BACA JUGA:Jalak Tunggir-abu, Burung Endemik Bali yang Terancam Punah

BACA JUGA:Forum Rajawali Indonesia Laporkan Dugaan Korupsi Kepala Dinas di Lubuklinggau ke Kejati Sumsel

Sebuah peta interaktif yang dikembangkan oleh peneliti dari Lancaster University menunjukkan lokasi-lokasi tepat di mana Cahaya Utara berhasil diabadikan malam itu.

Tak ingin melewatkan kesempatan, Kantor Met Inggris turut mengumumkan melalui platform media sosial X: “Anda mungkin ingin melihat ke langit malam ini karena ada kemungkinan melihat aurora. 

Langit yang cerah di sebagian besar wilayah akan memberikan kondisi ideal untuk melihat fenomena ini, dengan kemungkinan penampakan di Skotlandia, Irlandia Utara, dan Inggris bagian utara.”

Bagi warga yang ingin mencoba lagi malam ini, Kantor Met menyarankan waktu terbaik untuk melihat aurora adalah antara pukul 23.00 hingga 05.00, asalkan cuaca tetap cerah.

BACA JUGA:Menelusuri Sejarah Pulau Cipir: Bekas Rumah Sakit Haji Zaman Belanda

BACA JUGA:Penemuan Pahatan Batu Kuno di Amazon Akibat Kekeringan Ekstrem

Namun, menangkap keindahan Cahaya Utara dengan kamera ponsel tidaklah mudah. Seorang fotografer yang dikenal dengan nama Wil Photography berbagi beberapa tips melalui sebuah unggahan di Facebook. 

“Jika ponsel Anda memiliki mode malam, gunakan itu. Pastikan Anda menggunakan tripod atau sandarkan ponsel pada benda stabil selama 10-15 detik eksposur, lalu fokuskan pada bintang terang yang jauh,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: