Pemerintah Siapkan Rp 99,5 Triliun untuk THR dan Gaji Ke-13 ASN: Berita Terbaru

Pemerintah Siapkan Rp 99,5 Triliun untuk THR dan Gaji Ke-13 ASN: Berita Terbaru

Pemerintah Siapkan Rp 99,5 Triliun untuk THR dan Gaji Ke-13 ASN: Berita Terbaru-ist/net-

Pemerintah Siapkan Rp 99,5 Triliun untuk THR dan Gaji Ke-13 ASN: Berita Terbaru

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pemerintah Indonesia telah mengumumkan alokasi anggaran sebesar Rp 99,5 triliun untuk pembayaran tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI, Polri, dan pensiunan pada tahun ini.

Anggaran tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, alokasi tersebut terdiri dari pembayaran THR sebesar Rp 48,7 triliun dan gaji ke-13 sebesar Rp 50,3 triliun. Peningkatan anggaran tersebut disebabkan oleh kenaikan gaji ASN, TNI, dan Polri sebesar 8 persen, serta kenaikan gaji pensiunan sebesar 12 persen sejak awal tahun ini.

BACA JUGA:Joncik Muhammad Dapat Dukungan PAN Maju Pilgub Sumsel

Selain itu, perubahan besaran komponen pembayaran THR juga turut menyebabkan peningkatan anggaran.

Tahun ini, komponen pembayaran THR meliputi gaji pokok, tunjangan melekat, dan 100 persen tunjangan kinerja, berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya mencakup gaji pokok, tunjangan melekat, dan 50 persen tunjangan kinerja.

Dengan berbagai pertimbangan, anggaran THR untuk ASN hingga pensiunan yang dibayarkan menggunakan APBN meningkat dari Rp 21,4 triliun menjadi Rp 29,7 triliun.

BACA JUGA:Dian Sastro Menceritakan Alasan Memeluk Islam: Menjawab Pencarian Jawaban

Sedangkan anggaran THR untuk ASN hingga guru di daerah yang didanai melalui APBD meningkat dari Rp 17,4 triliun menjadi Rp 19 triliun.

Kebutuhan anggaran untuk gaji ke-13 juga mengalami peningkatan signifikan. Pembayaran gaji ke-13 kepada ASN hingga pensiunan yang anggarannya berasal dari APBN meningkat dari Rp 21,4 triliun menjadi Rp 29,7 triliun.

Sementara itu, untuk gaji ke-13 ASN daerah hingga guru, yang anggarannya berasal dari APBD, juga mengalami kenaikan dari Rp 17,4 triliun menjadi Rp 21,1 triliun.

BACA JUGA:Soal Razia Warung Makan di Bulan Puasa, Ini Jawaban Gus Dur Tempo Dulu

Sri Mulyani juga menekankan harapannya bahwa peningkatan anggaran ini akan meningkatkan daya beli masyarakat, terutama para ASN yang diharapkan menggunakan dan membelanjakan pendapatan mereka untuk produk-produk dalam negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: