IISMA Apa Itu? Nih! 66 Mahasiswa Indonesia Berkesempatan Belajar ke Selandia Baru

IISMA Apa Itu? Nih! 66 Mahasiswa Indonesia Berkesempatan Belajar ke Selandia Baru

IISMA Apa Itu? Nih! 66 Mahasiswa Indonesia Berkesempatan Belajar ke Selandia Baru-dok/kemendikbud.go.id-

IISMA Apa Itu? Nih! 66 Mahasiswa Indonesia Berkesempatan Belajar ke Selandia Baru

JAKARTA, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Sebanyak 66 mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, berkesempatan mengenyam pendidikan selama satu semester di universitas terkemuka di Selandia Baru.

Kesempatan emas yang didapat ke 66 mahasiswa itu, diperoleh melalui program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023.

BACA JUGA:KIP KEMENDIKBUD || Daftar 15 Universitas Swasta di Indonesia yang Menerima KIP Kuliah 2023

BACA JUGA:Bakal Banyak Sekolah yang Terapkan Kurikulum Merdeka Tahun Depan

Diketahui, sejak diluncurkan pada tahun 2021 lalu, program IISMA telah berhasil memberangkatkan lebih dari 2.500 mahasiswa Indonesia ke berbagai penjuru dunia.

Program IISMA sendiri adalah skema beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai program mobilitas pelajar Indonesia ke universitas di luar negeri.

BACA JUGA:STIE Serelo Lahat Resmi Naik Status, Berganti Nama Menjadi Universitas Serelo Lahat

BACA JUGA:16 Kasus Anak Selama 6 Bulan Terakhir, Ini Pesan DPPPA Empat Lawang

Program ini tersedia untuk mahasiswa sarjana S1 dari semester 4 hingga 7 untuk belajar di universitas terbaik di dunia.

Skema ini dikelola secara terpusat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) dan terbuka untuk mahasiswa sarjana dari seluruh perguruan tinggi Indonesia.

BACA JUGA:Izin Operasional 23 Perguruan Tinggi Swasta Dicabut, Berikut Rincianya!

BACA JUGA:Seorang Siswa SMP di Linggau Dianiaya Teman Satu Sekolah

Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya menyambut baik bergabungnya berbagai instansi pendidikan tinggi terbaik di Selandia Baru ke dalam pelaksanaan Program IISMA.

Menurutnya, sistem pendidikan tinggi di Selandia Baru merupakan salah satu yang terbaik dan bisa menjadi inkubator bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar dan mengembangkan kompetensinya.

BACA JUGA:32 Calon Jamaah Haji 2023 asal Empat Lawang Tamatan SD, 9 Lanjut Usia, Joncik Minta Penguatan Pendampingan

BACA JUGA:Tes Calistung Masuk SD Dilarang! Disdik Kota Palembang Wanti-wanti Pihak Sekolah

"Sejak pelaksanaan Program IISMA di tahun 2021 lalu, kami sudah menunggu untuk bisa mengirimkan mahasiswa Indonesia ke Selandia Baru. Puji syukur, niat itu bisa direalisasikan di tahun ini. Jadi, kami sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Selandia Baru," ungkap Rachmat di kantor Kedutaan Besar Selandia Baru pada Selasa (13/6/2023), seperti yang dikutip dari portal resmi Kemendikbud RI.

Sementara, Direktur Regional Asia untuk Education New Zealand, Ben Burrowes, mengatakan, kerja sama dengan pemerintah Indonesia melalui program IISMA sudah dinantikan sejak tahun 2021.

BACA JUGA:Penggunaan MOCAF sebagai Pengganti Tepung Terigu

BACA JUGA:Wow! Lomba Robot Ini Digelar di Empat Lawang, Sekolah Ini Jadi Tuan Rumah

“Education New Zealand telah memiliki hubungan yang kuat dengan Kampus Merdeka dan IISMA sejak program ini diluncurkan pada tahun 2021. Institusi kami di Selandia Baru pun sudah sejak lama ingin menjadi mitra IISMA. Setelah perbatasan antara kedua negara telah dibuka kembali, kerja sama ini akhirnya terjadi,” ungkap Ben.

Ben juga menambahkan, Program IISMA bisa menjadi sarana untuk membangun komunikasi dan kerja sama yang kuat antara perguruan tinggi di kedua negara.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH Guru PAI Bakal Terima Insentif, 22 Ribu Guru PAI non PNS/PPPK Sudah Penuhi Kriteria, Cek Segera!

BACA JUGA:Wow! Siswa SMP 1 Berhasil Sabet Juara 1 Lomba Yel-Yel

Terdapat empat perguruan tinggi akademik dan satu Institut teknologi dengan peringkat tinggi dari Selandia Baru yang bergabung ke dalam IISMA 2023.

Antara lain, University of Canterbury, University of Otago, Victoria University of Wellington, University of Auckland, dan Nelson Marlborough Institute of Technology (Te PÅ«kenga).

BACA JUGA:STIE Serelo Lahat Bakal Berganti Nama Menjadi UNSELA

BACA JUGA:Butuh Proses Panjang Dan Lama, Berikut Cara Daftar KIP

“Kami tidak sabar untuk menerima mereka semua, angkatan pertama penerima beasiswa IISMA, di Selandia Baru,” tutup Ben. **

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: