Ternyata Ini Kelompok Hacker yang Paling Berbahaya, Siapa Saja Sih?

Ternyata Ini Kelompok Hacker yang Paling Berbahaya, Siapa Saja Sih?

Ilustrasi.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Serangan siber menjadi ancaman yang semakin nyata dan berbahaya di seluruh dunia. Kelompok-Kelompok hacker ransomware semakin canggih dalam metode mereka untuk menyandera data korban dan meminta tebusan dalam jumlah besar.

Berikut adalah beberapa kelompok ransomware paling ganas yang beroperasi saat ini, berdasarkan laporan dari berbagai sumber.

1. Lockbit3

Lockbit3 adalah salah satu kelompok ransomware paling produktif dari Januari hingga Juni 2023, dengan manuver yang meningkatkan serangan hingga 24% dari seluruh korban yang dilaporkan.

Kelompok ini mengincar lebih dari 500 instansi berbeda di seluruh dunia dengan tujuan untuk mengganggu dan memeras organisasi secara publik.

LockBit menggunakan model Ransomware-as-a-Service (RaaS) dan biasanya menargetkan perusahaan besar serta entitas pemerintah, kecuali organisasi di Rusia atau negara-negara Commonwealth of Independent States (CIS).

BACA JUGA:LockBit, Hacker yang Serang Pusat Data Nasional Tuntut Tebusan Rp131 Miliar

2. Clop Ransomware

Clop adalah salah satu kelompok ransomware teraktif pada tahun ini, memimpin lebih dari 100 serangan dalam lima bulan pertama 2024.

Kelompok ini menargetkan organisasi di berbagai industri, mulai dari perusahaan minyak hingga organisasi kesehatan, dengan ketertarikan khusus pada organisasi dengan pendapatan melebihi 5 juta dolar AS.

Sejauh ini, Clop diyakini telah memeras bisnis hingga membayar tebusan lebih dari 500 juta dolar AS.

Clop juga dikenal karena mengeksploitasi kelemahan zero-day di aplikasi MOVEit Transfer, yang memicu Departemen Luar Negeri AS menawarkan imbalan hingga 10 juta dolar AS untuk informasi yang bisa mengungkap hubungan Clop dengan pemerintah asing.

BACA JUGA:Rekomendasi Destinasi Wisata di Indonesia yang Mirip dengan Wisata Terkenal Luar Negeri

3. MalasLocker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: