Bukan Hanya Memadamkan Api, Ini Tugas Damkar Yang Tak Kalah Ekstrim Lainnya

Bukan Hanya Memadamkan Api, Ini Tugas Damkar Yang Tak Kalah Ekstrim Lainnya

EVAKUASI : Kegiatan Evakuasi kucing masuk sumur, di Pasar Ilir Pulo Emas belakang Toko Budi Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Kamis (5/1/2023). Foto Rati/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Empat Lawang, beralamat di Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum), Talang Banyu Kelurahan Tanjung Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi.
 
Tugas dan fungsi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, atau yang lebih dikenal Pemadam Kebakaran (Damkar) masih banyak tidak diketahui oleh masyarakat.
 
 
Apa saja tugas-tugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, atau Damkar selain dari memadamkan api kebakaran?, yuk simak penjelasannya berikut :
 
1. Menolong warga yang terkunci di dalam rumah.
 
Tak hanya memadamkan api, tugas Damkar adalah menolong orang terkunci dalam rumah. Seperti yang satu ini, mendapat panggilan dari seseorang yang terkunci dalam rumahnya, Damkar bergegas ke lokasi dan melakukan pertolongan.
 
 
Adapun para petugas berbaju biru tersebut tampak mencoba membuka pintu menggunakan alat bantu yang sudah tersedia di kantor Damkar.
 
2. Ambil handphone (hp) warga tercebur ke got.
 
Damkar menolong warga yang hp-nya tercebur ke dalam gorong-gorong alias got. 
 
Adapun awalnya Damkar membuka got yang ditutup dengan beton. Mereka menggunakan alat bantu untuk mengangkat betonnya terlebih dahulu.
 
 
3. Membantu lepaskan cincin.
 
Beberapa kali warga kesulitan untuk melepaskan cincin yang melekat di jari, kemudian warga pergi ke kantor pemadam kebakaran. 
 
Damkar berusaha memotong cincin dengan alat pemotong kecil sambil jari korban disiram air agar tidak panas. Secara berhati-hati Damkar berusaha memotong cincin tersebut hingga akhirnya berhasil terlepas.
 
4. Evakuasi hewan-hewan berbahaya
 
Menolong orang dengan mengevakuasi hewan-hewan berbahaya pun termasuk tugas Damkar. 
 
Tugas-tugas yang mengharuskan mereka berhadapan dengan hewan-hewan berbahaya seperti pemusnahan sarang tawon, evakuasi buaya, menangkap ular, hingga mengamankan biawak masuk rumah warga.
 
5. Menyelamatkan anak kucing
 
Anak kucing yang terjebak di dalam sumur warga, membuat warga kebingungan ingin mengeluarkan anak kucing.
 
 
Kini Damkar hadir untuk membantu, cukup melaporkan kejadian tersebut kepada petugas yang sedang bertugas.
 
Wah sangat mulia ya tugas seorang pemadam kebakaran dan penyelamatan (Damkar), mari bekerja sama dengan pemadam kebakaran.
 
Ingat, jika terdengar suara mobil Damkar, Segera kasih jalan, karena tugas mulia telah menanti mereka.
 
 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari http://Rakyatempatlawang.com dan koran Rakyat Empat Lawang (REL) untuk memperoleh informasi lainnya. (mus)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: