Ternyata ini Penyakit yang Rentan Terjadi Saat Musim Hujan

Ternyata ini Penyakit yang Rentan Terjadi Saat Musim Hujan

ILUSTRASI--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Beberapa penyakit tak mengenal musim atau waktu alias bisa menyerang kapan saja. 

Namun, ada pula beberapa penyakit yang angka penjangkitanya atau penularannya meningkat di musim tertentu. Contohnya musim penghujan. 

Apalagi bila penghujan menimbulkan banjir, makin banyak saja sederet penyakit yang bisa menghantui kita.

BACA JUGA : Berikut Persiapan Menghadapi Musim Hujan Agar tak Gampang Sakit 

Berikut penyakit apa saja sih yang umumnya rentan terjadi dan harus kita waspadai selama penghujan:

1. Influenza

Sebenarnya, penyebaran virus flu di negara kita tak mengenal bulan atau musim tertentu. Sebab secara epidemiologi, sirkulasi virus influenza di Indonesia selalu ada tiap tahunnya. 

Berbeda dengan di negara Amerika Serikat dan Australia, di kedua negara tersebut sirkulasi virus flu mencapai puncaknya pada musim dingin. 

BACA JUGA : Jika Hujan Jalan Menuju Desa Tanjung Kupang Baru Bak Kubangan Kerbau 

Virus flu ini seringkali meningkat kasusnya di musim pancaroba dan hujan. Penyebabnya belum diketahui pasti, tetapi ada dugaan di masa tersebut sistem imun tubuh terhadap penyakit atau virus jadi berkurang.

2. Leptospirosis

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) - “Flooding and communicable diseases fact sheet”, banjir juga berpotensi menimbulkan penyakit menular lainnya seperti leptospirosis. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri nakal, namanya Leptospira.

Dalam kebanyakan kasus, leptospirosis sering disebarkan oleh hewan. Mulai dari tikus, sapi, anjing, dan babi. 

Bakterinya bisa disebarkan lewat urine atau darah dari hewan yang telah terinfeksi. Nah, menyoal musim hujan ini, tikus sering kali menjadi biang keladi penyebaran leptospirosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: