SSD Gen5 Makin Kencang, Tapi Kenapa di X670E Jadi Lambat?

SSD Gen5 Makin Kencang, Tapi Kenapa di X670E Jadi Lambat?

SSD Gen5 Makin Kencang, Tapi Kenapa di X670E Jadi Lambat?-ist-

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – Pengguna motherboard high-end AMD X670E tengah dibuat bingung oleh sebuah masalah yang cukup serius.

SSD Gen5, yang seharusnya menawarkan kecepatan baca dan tulis data yang luar biasa, justru melambat drastis hingga hanya bekerja pada kecepatan Gen1.

Platform AM5 dari AMD memang digadang-gadang sebagai generasi terbaru yang mendukung penuh teknologi PCIe Gen5, baik untuk kartu grafis maupun SSD. 

Motherboard seri X670E dan B650E pun sudah dibekali dengan fitur ini, namun nyatanya tidak semua pengguna bisa menikmati kecepatan penuh dari SSD Gen5 mereka.

BACA JUGA:Instagram Perkenalkan Fitur Keamanan Baru untuk Lindungi Pengguna Remaja

BACA JUGA:Intel Menyelesaikan Masalah Ketidakstabilan CPU

Masalah yang Beragam

Berbagai masalah muncul akibat penurunan kecepatan SSD ini, mulai dari sistem yang sering crash, kesulitan booting ke Windows, hingga performa keseluruhan yang menurun drastis. 

Banyak pengguna yang melaporkan masalah ini di forum-forum online seperti ASUS dan MSI, terutama mereka yang menggunakan SSD Crucial T700 dan T705.

Penyebab dan Solusi

BACA JUGA:Samsung Galaxy S25 Ultra Siap Gunakan Snapdragon 8 Elite, Performa Tinggi dengan CPU Oryon

BACA JUGA:AMD Ryzen 9000 Granite Ridge Gagal Penuhi Ekspektasi, Harus Segera Luncurkan Ryzen 9800X3D

Setelah ditelusuri lebih lanjut, masalah ini diduga berasal dari motherboard itu sendiri. Beberapa pengguna berhasil mengatasi masalah dengan menurunkan kecepatan SSD ke Gen4 atau bahkan beralih ke SSD Gen4. 

Namun, solusi ini tentu saja mengurangi performa yang seharusnya bisa didapatkan dari SSD Gen5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: