Intel Menyelesaikan Masalah Ketidakstabilan CPU

Intel Menyelesaikan Masalah Ketidakstabilan CPU

Setelah berbulan-bulan menghadapi masalah ketidakstabilan pada prosesor terbaiknya, Intel akhirnya merilis pembaruan terbaru yang diharapkan akan menjadi solusi final. -ist-

Intel Menyelesaikan Masalah Ketidakstabilan CPU, Pembaruan Microcode Terbaru Tuntaskan Vmin Shift Instability

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Setelah berbulan-bulan menghadapi masalah ketidakstabilan pada prosesor terbaiknya, Intel akhirnya merilis pembaruan terbaru yang diharapkan akan menjadi solusi final. 

Masalah yang dikenal sebagai "Vmin Shift Instability" ini pertama kali dilaporkan pada Februari 2024, dan meskipun berbagai perbaikan telah ditawarkan, masalah ini belum sepenuhnya teratasi—hingga kini.

Dalam pembaruan Juli lalu, Intel mengonfirmasi bahwa masalah tersebut disebabkan oleh kesalahan microcode yang terkait dengan tegangan yang tidak sesuai. 

BACA JUGA:Snapdragon 8 Gen 4, Uji Coba GPU Tunjukkan Performa Luar Biasa untuk Gaming

BACA JUGA:TikTok Music Tutup di November, Gagal Bersaing dengan Spotify dan Apple Music?

Namun, Intel kini telah mengidentifikasi empat skenario operasional yang menyebabkan masalah ini, dengan salah satu di antaranya baru saja mendapat solusi.

Apa Itu Vmin Shift Instability?

Intel menggambarkan masalah ini sebagai ketidakstabilan yang disebabkan oleh pergeseran siklus tugas jam pada sirkuit inti IA.

"Masalah ini muncul di bawah kondisi tegangan dan suhu tinggi, yang mempercepat proses penuaan dan mengganggu stabilitas sistem," ungkap Thomas Hannaford, perwakilan Intel, dalam sebuah posting komunitas.

BACA JUGA:Misteri Foto Latar Belakang Windows 10 Terungkap, Ternyata Bukan CGI, Berikut Faktanya!

BACA JUGA:Intel Arc Battlemage ‘G21’ GPU Unjuk Gigi di Geekbench, Setara dengan Arc A770

Dengan kata lain, peningkatan tegangan—meskipun masih berada dalam batas garansi—ternyata memengaruhi kestabilan prosesor, khususnya pada seri Intel Core Raptor Lake seperti Core i9-13900K.

Solusi Intel, Pembaruan Microcode

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: