Wow, Begini Ternyata Spesies Babi Laut di Antartika, Apakah Sama Dengan Babi Hutan?

Wow, Begini Ternyata Spesies Babi Laut di Antartika, Apakah Sama Dengan Babi Hutan?

S. Globosa.--

- Genus: Scotoplanes

- Spesies: Scotoplanes globosa

BACA JUGA:Terungkap! Lokasi Titik Terdalam Bumi Teridentifikasi

Sebutan "babi laut" mengacu pada morfologi tubuhnya yang bulat lonjong, bergelatin, dan berwarna merah muda transparan dengan kulit yang lembut dan tipis.

Panjang tubuh babi laut berkisar antara 17 hingga 100 mm, sementara lebarnya berkisar antara 5 hingga 35 mm.

Babi laut memiliki spikula berbentuk C yang tersebar di seluruh tubuhnya, dengan bentuk batang lurus atau sedikit melengkung di sisi dorsal dan ventral, serta pada ujung kaki tabung dan tentakel.

Mulut babi laut terletak di bagian terminal atau anterior, sementara anusnya berada di bagian subventral. 

BACA JUGA:Rekor Suhu Tinggi Tercatat di Benua Antartika: Pemanasan Terbesar dalam Sejarah

Permukaan dorsal babi laut memiliki tiga pasang papila yang terletak di anterior dan posterior, dengan bentuk yang panjang dan ramping seperti cambuk, serta papila yang lebih pendek di lateral atau tepat di belakang posterior.

Struktur papila ini berperan sebagai sensor untuk mencari makanan di laut dalam.

Babi laut memiliki kaki tabung di kedua sisi permukaan ventralnya, dengan jumlah yang bervariasi antara 3 hingga 7 kaki tabung di satu sisi dan 6 hingga 8 kaki tabung di sisi yang lain. 

BACA JUGA:Penyebab Sepinya Orderan Akun Mitra Pengemudi Ojek Online, Berikut Solusinya!

Kaki tabung ini besar dan simetris bilateral, berfungsi sebagai alat pergerakan yang dioperasikan secara hidraulis, memungkinkannya untuk bergerak di dasar laut dalam.

Babi laut juga memiliki sepuluh tentakel bukal yang mengelilingi mulutnya, digunakan untuk mengumpulkan partikel-partikel di sedimen dan memasukkannya ke dalam mulutnya.

Meskipun babi laut tersebar di seluruh lautan, terutama di Samudra Atlantik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, dan beberapa di Antartika, keberadaannya sangat mendominasi pada beberapa lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: