Rekor Suhu Tinggi Tercatat di Benua Antartika: Pemanasan Terbesar dalam Sejarah

Rekor Suhu Tinggi Tercatat di Benua Antartika: Pemanasan Terbesar dalam Sejarah

Ilustrasi.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Rekor suhu tinggi mencapai 18,3 derajat Celsius (64,9°F) baru-baru ini tercatat di benua Antartika.

Pencatatan suhu ini dilakukan pada Kamis, 6 Februari, oleh pangkalan penelitian Argentina Esperanza, dan melampaui suhu tertinggi sebelumnya sebesar 17,5 derajat Celsius pada Maret 2015, seperti yang dilaporkan oleh BBC pada Sabtu, 8 Februari 2020.

Temperatur tersebut terekam di Semenanjung Antartika, di ujung barat laut benua ini, yang merupakan salah satu daerah dengan laju pemanasan tercepat di dunia.

BACA JUGA:Misteri Gunung Padang Penemuan Terbaru Artefak Kuno Selain Koin

Saat ini, Organisasi Meteorologi Dunia PBB (WMO) sedang melakukan verifikasi terhadap pencatatan suhu ini.

Juru bicara WMO, Clare Nullis, mengatakan, "(Ini) bukanlah suhu yang biasanya Anda hubungkan dengan Antartika, bahkan selama musim panas.

Selama 50 tahun terakhir, suhu di benua Antartika telah meningkat hampir 3 derajat Celsius, dan sekitar 87% dari gletser di sepanjang pantai baratnya mengalami "mundur."

BACA JUGA:Penyebab Sepinya Orderan Akun Mitra Pengemudi Ojek Online, Berikut Solusinya!

WMO juga mencatat adanya "percepatan mundur" gletser dalam 12 tahun terakhir sebagai dampak dari pemanasan global.

Para ilmuwan memperingatkan bahwa pencairan yang disebabkan oleh pemanasan global di Kutub Selatan bisa menyebabkan kerusakan serius pada pegunungan es dan mengakibatkan kenaikan permukaan laut global hingga tiga meter dalam berabad-abad.

Nullis menambahkan, "Jumlah es yang hilang dari lapisan es Antartika meningkat setidaknya enam kali lipat antara 1979 dan 2017.

BACA JUGA:Cara Menonton Video Viral di Yandex Melalui Google Chrome

Mencairnya gletser-gletser ini merupakan masalah serius yang dapat berdampak besar pada permukaan laut."

Meskipun suhu 18,3 derajat Celsius mencatatkan rekor tertinggi untuk benua Antartika, rekor suhu tertinggi di wilayah Antartika yang lebih luas, termasuk benua, pulau, dan lautan di zona iklim Antartika, adalah 19,8 derajat Celsius, tercatat pada Januari 1982.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: