Terungkap! Lokasi Titik Terdalam Bumi Teridentifikasi

Terungkap! Lokasi Titik Terdalam Bumi Teridentifikasi

ILUSTRASI.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Titik terdalam di daratan kontinental Bumi telah berhasil diidentifikasi, berada di bawah Denman Glacier di Antartika Timur.

Pada kedalaman mencapai 3,5 km (11.500 kaki) di bawah permukaan laut, ini merupakan ngarai terdalam di daratan, bahkan lebih dalam daripada sebagian besar ngarai di lautan.

Penemuan ini disampaikan oleh BBC pada Senin, 16 Desember 2019.

BACA JUGA:Rekor Suhu Tinggi Tercatat di Benua Antartika: Pemanasan Terbesar dalam Sejarah

Penemuan ini diilustrasikan dalam peta terbaru Benua Putih, yang memberikan gambaran detail tentang topografi batuan dasar di bawah lapisan es Antartika.

Informasi ini sangat penting untuk memahami perubahan yang mungkin terjadi di kutub selatan di masa depan.

Proyek ini, yang dikenal sebagai "BedMachine Antarctica," dipresentasikan oleh University of California, Irvine, dan diterbitkan di jurnal Nature Geoscience serta disampaikan dalam Pertemuan Musim Gugur American Geophysical Union.

BACA JUGA:Misteri Gunung Padang Penemuan Terbaru Artefak Kuno Selain Koin

Proyek ini mengisi celah dalam survei udara di Antartika dengan menggunakan ilmu fisika, seperti konservasi massa, untuk mengukur dan memahami kedalaman serta kekasaran dasar lembah yang tersembunyi di bawah es

Salah satu hasil menarik adalah penemuan punggungan batuan yang mempengaruhi pergerakan gletser di Antartika, yang dapat berdampak pada stabilitas es di Laut Ross. Informasi ini akan digunakan dalam model iklim untuk memproyeksikan dampak perubahan suhu pada benua ini di masa mendatang. (Pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: