Luar Biasa, Jatah Air Zamzam Jemaah Haji 2023 Bertambah 10 liter

Luar Biasa, Jatah Air Zamzam Jemaah Haji 2023 Bertambah 10 liter

Air zamzam--

Luar Biasa, Jatah Air Zamzam Jemaah Haji 2023 Bertambah 10 liter

JAKARTA,

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Patut disyukuri Jemaah Haji tahun 2023 ini mendapatkn tambahan jatah air Zamzam.

Di sini kami juga kan menyampaikn apa itu air zamzam, manfat dan rasa air Zamzam tadi. Kembali ke jatah air zamzam jemaahjemaah, 

BACA JUGA:Mau Jemput, Ini Jadwal Lengkap Kepulangan Jemaah Haji

jika sebelumnya hanya mendapatkan 5 liter ditahun ini semua jemaah mendapatkn jatah sebanyak 10 liter ada penambahan 5 liter.

Namun pemberian 10 liter Air Zamzam itu tak sekaligus, sebab ada kebijakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk menambah air Zamzam yang dibagikan ke jemaah haji.

BACA JUGA:3 Hari Bermalam di Mina, Jemaah Haji Empat Lawang Bersiap Tawap Ifadah

Disebutkan, Air Zamzam sudah dikemas dalam galon yang dimasukkan dalam kardus dan dibagikan ke jemaah setibanya di asrama haji debarkasi.

Air Zamzam tersebut dibawa oleh maskapai, baik Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines, pada fase pemberangkatan jemaah haji.

Mentri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan jamaah haji Indonesia akan mendapatkan jatah air Zamzam sebanyak 10 liter.

BACA JUGA:Penimbangaan Barang Jemaah Haji Dua Hari Sebelum Kepulangan, Mulai 4 Juli Kembali Ketanah Air

Hal itu diungkapkan Menag saat melepas 369 jemaah kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Batam (BTH 01).

Jemaah ini merupakan kloter perdana yang akan kembali ke Tanah Air. "Kalau sebelumnya jatah Zamzam hanya 5 liter, tahun ini kita putuskan menambahkan 5 liter Zamzam untuk jemaah haji dan petugas," Kata Menag Senin, 3 Juli 2023.

10 liter air Zamzam akan dibagikan di asrama haji debarkasi. Kebijakan menambah 5 liter air Zamzam ini kata Yaqut sebagai bentuk kecintaan atau tali asih kepada jemaah.

BACA JUGA:Sejumlah Jemaah Haji Empat Lawang Sempat Demam di Tanah Suci

Menurutnya, membawa air Zamzam yang lebih banyak menjadi harapan seluruh jemaah haji Indonesia. "Setibanya di asrama haji debarkasi, jemaah akan menerima 5 liter air Zamzam. Untuk 5 liter tambahannya, akan diterima di Kantor Kemenag Kab/Kota pada kesempatan berikutnya," terang Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab, di Makkah.

BACA JUGA:4 Cara untuk Mengetahui Berat Badan Anda Sudah Ideal

Menurut Saiful Mujab, setelah kebijakan menambah air Zamzam disepakati, pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan. Rakor secara daring digelar untuk menyepakati teknis pengiriman air Zamzam tambahan bagi jemaah haji Indonesia. "Kami dan maskapai sepakat untuk mengirim air Zamzam tambahan untuk jemaah haji Indonesia secara bertahap," ujar Saiful.

BACA JUGA:Keempat Jemaah Haji Asal Indonesia Ini Diberhentikan Saat Sedang Tawaf, Kenapa?

"Setelah sampai di Tanah Air, air Zamzam tambahan ini akan didistribusikan ke Kemenag Provinsi untuk diteruskan ke Kankemenag Kabupaten/Kota," sambungnya. "Jemaah haji nantinya bisa mengambil 5 liter tambahan air Zamzam itu di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota masing-masing.

Kami usahakan agar jaraknya tidak terlalu lama dari kepulangan jemaah," katanya.

BACA JUGA:5 Oleh-oleh Khas Jambi Paling Populer, Wajib Dicoba!

Air zam zam adalah air apa?

Air zam zam merupakan air suci dan air yang terbaik yang ada di permukaan bumi ini. Air zam zam mengandung banyak elemen yaitu ion positif dan ion negatif.air zamzam memiliki kekuatan untuk menguatkan dan memperkuat sel-sel dalam tubuh manusia. Zamzam mengandung kalsium dan magnesium tingkat tinggi yang juga membantu mengatasi depresi dan kelelahan.

BACA JUGA:108 Hotel Disiapkan Bagi Jemaah Haji Indonesia di Makkah, Berikut Rinciannya

Apa manfaat Air Zamzam?

air zamzam memiliki kekuatan untuk menguatkan dan memperkuat sel-sel dalam tubuh manusia. Zamzam mengandung kalsium dan magnesium tingkat tinggi yang juga membantu mengatasi depresi dan kelelahan.

Air Zam Zam terbuat dari apa? Air zam zam berasal dari mata air di Makkah menjadi favorit para jamaah umrah dan haji sebagai oleh-oleh. Dikutip dari buku 13 Misteri di Kota Makkah karya Dedi, kata zam zam berasal dari bahasa Arab yang artinya banyak atau melimpah.

BACA JUGA:Liburan Ke Bangka Belitung? Jangan Ketinggalan Kuliner Khas Berikut

Apakah air zamzam bisa diminum? Nabi Muhammad (saw) mengatakan, "Air Zam Zam adalah untuk apa pun yang diminum." Artinya dapat digunakan sebagai sarana untuk mencari segala jenis kebaikan, baik berupa kesehatan, ilmu, maupun ampunan. Hidrasi: Minum air Zam Zam membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

BACA JUGA:Wow, Panji Gumilang Miliki 256 Rekening, ini Tindakan PPATK

Bagaimana rasa air zamzam?

Diketahui tekstur air zam zam lebih berat dan lebih terasa di tenggorokan. Hal ini dikarenakan kandungan pH dan mineral yang ada di dalam air zamzam. Selain itu, rasa air ini juga disebut agak getir sehingga memiliki rasa dan bau yang khas sehingga membuat kita dapat membedakannya.

BACA JUGA:Masjid Ini Dibangun Ditanah Kesultanan, Memiliki Sejarah yang Panjang dan Beragam

Mengapa minum air Zam Zam harus berdiri? “Nabi saw minum zamzam sambil berdiri untuk menjelaskan bahwa air minum saat berdiri diperbolehkan dalam agama,” jelas Imam Suyuti. Ulama Hanafi pun melihat minum Zamzam sambil berdiri sebagai mustahab (dianjurkan) berdasarkan hadits yang dilaporkan dari Ibni Abbas.(*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: