KPK Tangkap Tangan Walikota Bandung Yana Mulyana

KPK Tangkap Tangan Walikota Bandung Yana Mulyana

Walikota Bandung, Yana Mulyana-Foto: Istimewa.-

Terjun ke dunia politik, Yana Mulyana langsung mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Bandung. Dia bergabung dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang kemudian memasangkannya dengan Oded Muhammad Danial yang merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Oded merupakan mantan Wakil Wali Kota yang mendampingi Ridwan Kamil pada periode 2013-2018.

BACA JUGA:Muhammad Adil, Bupati Viral yang Sebut Kemenkeu Diisi Iblis Semua Kini Ditangkap KPK

Pasangan Oded-Yana pun melaju pada Pilkada Bandung 2018 dengan nomor urut 3.

Berdasarkan rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, pasangan ini meraih 634.682 suara atau sekitar 50,1 persen suara sah. 

BACA JUGA:KPK Hentikan Kasus Dugaan Suap Ferdy Sambo ke Pegawai LPSK

Mereka pun mengungguli dua pasangan lainnya, yaitu Nurul Arifin dan Chairul Yaqin Hidayat yang diusung oleh Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta pasangan Yossi Irianto dan Aries Supriatna yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Akan tetapi Oded meninggal pada 10 Desember 2021.  Dia meninggal setelah sempat mengalami serangan jantung saat menjadi khatib Shalat Jumat di Masjid Mujahidin, Kota Bandung. 

BACA JUGA:Rektor PTN di Lampung Terjaring OTT Oleh KPK

Oded sempat dilarikan ke rumah sakit namun tak tertolong. Posisi Oded sebagai Wali Kota Bandung pun digantikan Yana yang merupakan politikus Partai Gerindra. **

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: