Tekhnologi Onlimo Akan Dipasang di Sungai Musi Empat Lawang, Apa Manfaatnya?!

Tekhnologi Onlimo Akan Dipasang di Sungai Musi Empat Lawang, Apa Manfaatnya?!

TINJAU : Sekda Empat Lawang, Pauzan Khoiri Denin bersama pihak KLHK saat meninjau lokasi yang akan dibahgun tekhnologi Onlimo, Kamis (2/2/2023). Foto : Arul/REL.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kualitas air di aliran Sungai Musi Kabupaten EMPAT LAWANG, bakal terpantau secara kontinu, menyusul akan dibangunnya teknologi Online Monitoring (Onlimo) di Kabupaten EMPAT LAWANG.

Onlimo merupakan sistem pemantauan kualitas air secara kontinu, otomatis dan daring (online) berbasis aplikasi, yang terkoneksi ke sistem server Kemeenterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sekda Empat Lawang, Pauzan Khoiri Denin mengatakan, lokasi pembangunan tekhnologi Onlimo di Kabupaten Empat Lawang, di sekitaran Jembatan Musi II (Jembatan Kuning, red) Tebing Tinggi. 

Sejauh ini lahan yang akan didirikan tekhnologi Onlimo adalah milik pribadi keluarga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empat Lawang, Irtansi dan segera akan diurus hibah lahannya untuk Pemkab Empat Lawang.

BACA JUGA:Aliran Sungai Musi Tercemar Sampah Plastik

"Tahapan selanjutnya setelah hibah, kita sertipikatkan dan proses selanjutnya kita serahkan ke KLHK, untuk dibangun lokasi pemasangan tekhnologi Onlimo," jelas Sekda saat meninjau lokasi lahan yang akan dibangun tekhnologi Onlimo di Empat Lawang, Kamis (2/2/2023).

Disampaikan Sekda, target pihaknya untuk tekhnologi Onlimo segera beroperasi di Empat Lawang, pada tahun 2023 ini.

"Manfaat dipasangnya alat ini bagi masyarakat, informasi bisa cepat disampaikan, kapan air Sungai Musi bisa layak kosumsi dan kapan tidak," bebernya.

Sementara itu, Pengendali Dampak Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Arief Hendratmo menjelaskan, tekhnologi Onlimo yang akan dipasang tersebut semacam Stasiun Pemantau.

BACA JUGA:Tidak Hanya Tempat Menyeberang Sungai, Ini Fungsi Lain dari Jembatan Multifungsi

BACA JUGA:Warga Bantaran Diimbau Waspada Luapan Sungai

Jadi kata dia, tekhnologi Onlimo akan dipasang dan akan terus memantau kondisi kualitas air Sungai Musi secara terus menerus.

"Hasil pemantauan akan kita publikasikan langsung ke masyarakat, karena ini sifatnya online, jadi bisa terpantailu setiap jam," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikannya, untuk nanti operator yang akan ditempatkan di lokasi pemasangan tekhnologi Onlimo, adalah kewenangan pihak kabupaten. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: