Aliran Sungai Musi Tercemar Sampah Plastik

Aliran Sungai Musi Tercemar Sampah Plastik

Ilustrasi--

EMPAT LAWANG,
RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Sungai Musi yang mengalir di wilayah Kabupaten Empat Lawang, semakin tercemar oleh sampah.

Tidak hanya sampah dari sisa makanan, namun juga sampah plastik yang sengaja dibuang oknum masyarakat di wilayah kabupaten ini.

Mirisnya, pembuangan sampah yang hampir secara rutin dilakukan oleh para oknum masyarakat Empat Lawang tersebut, sudah hampir menjadi tradisi.

BACA JUGA : Fauzan Pimpin Gotong Royong Bersihkan Sampah di Halaman Pemkab Empat Lawang 

BACA JUGA : Permasalahan Limbah dan Sampah Jadi Prioritas 

Bahkan sudah sangat lazim dan sudah menjadi pemakluman untuk membuang sisa-sisa makanan dan sampah plastik ke aliran Sungai Musi, bagi sebagian masyarakat di Kabupaten Empat Lawang.

Padahal perbuatan itu dapat membuat aliaran Sungai Musi semakin menjadi tercemar dan juga dapat membuat habitat di sungai menjadi rusak serta berbahaya bagi kesehatan masyarakat itu sendiri.

Salah seorang warga Kelurahan Kelumpang Jaya, Kecamatan Tebing Tinggi, Dandi mengatakan, sampah yang sering dibuang oleh masyarakat ke aliran Sungai Musi ini, sudah pada tahap mengkhawatirkan.

"Sering sekali ketika saya pergi memancing terdapat banyak sekali sampah yang mengalir di Sungai Musi," ungkap Dandi.

BACA JUGA : Himbau Warga Jangan Membuang Sampah Dialiran Sungai 

Juga sering kali tambah Dandi, saat dirinya sedang memancing ikan di Sungai Musi, mata kailnya sering tersangkut oleh sampah.

"Bukannya mendapatkan ikan di sungai malahan sampah yang sering dibuang masyarakat Empat Lawang yang tersangkut di kail pancing saya," ucap Dandi bernada kesal.

Senada dengan Dandi, warga lainya, Iwan mengatakan, butuh ketegasan dari pemerintah atas ulah oknum yang telah mencemari aliran Sungai Musi dengan membuang sampah ke aliaran sungai.

BACA JUGA : Kesadaran Warga Masalah Sampah Minim 

"Saya berharap kepada pemerintah agar dapat bertidak tegas kepada warga yang suka membuang sampah disembarang di aliran Sungai Musi. Lihat saja, aliran Sungai Musi ini sudah sangat tercemar sekali," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: