Mega Proyek Jalan Tol Trans Sumatera, Biaya hingga Progres Pengerjaannya

Mega Proyek Jalan Tol Trans Sumatera, Biaya hingga Progres Pengerjaannya

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru saat melakukan peninjauan di ruas jalan tol Indralaya-Prabumulih, Minggu (15/1/2023). Foto : Istimewa--

Tol Palindra jadi jalan tanpa hambatan pertama di Bumi Sriwijaya. Tol ini sepanjang 21,9 Km, sukses dibangun HKI di atas lahan yang sebagian besar merupakan rawa-rawa.

BACA JUGA:Generasi Muda Harus Ambil Peran Dalam Pembangunan Indonesia

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Tol Palindra Seksi I ruas Palembang–Pamulutan sepanjang 7,8 km pada 2017 lalu.

Pembangunan tol ini membutuhkan lahan seluas 302 hektare dengan menghabiskan dana sekitar Rp3,4 triliun.

Dana yang digunakan bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN), investasi swasta, dan pinjaman ke PT Hutama Karya sebagai kontraktor yang ditunjuk pemerintah.

2). Tol Palembang - Lampung.

Dari Lampung kendaraan melintasi ruas Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar, sepanjang 140 Km, kemudian menyambung ke ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 Km, dilanjutkan ke ruas Kayu Agung - Keramasan sepanjang 42,5 Km di Palembang.

Dengan demikian Provinsi Lampung semakin terkoneksi dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan dan semakin menghemat waktu tempuh hingga 75 persen.

BACA JUGA:Hadapi Porprov ke-XIV 2023, Lahat Terus Genjot Pembangunan Venue

Efisiensi tersebut semakin memberikan kontribusi efisiensi waktu di perjalanan perjalanan dan bahan bakar kendaraan yang digunakan.

Hingga saat ini, 691 Km ruas Jalan Tol di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera telah beroperasi, dan 481 Km sedang dalam tahap konstruksi.

Saat ini juga terdapat dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang di fungsionalkan untuk melayani arus mudik lebaran.

Diantara ruas jalan tol tersebut yakni, Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang (31 Km). Selanjutnya, Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17,6 Km) yang diperuntukkan khusus untuk kendaraan kecil atau Golongan I.

Sepanjang ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar juga terdapat 12 TIP untuk jalur A dan Jalur B, dan ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung juga terdapat 12 TIP untuk jalur A dan B, serta tambahan toilet sementara sebanyak 50 toilet.

BACA JUGA: Ada Usulan Pembangunan?, Catat Ini Jadwal Musrenbang di Kecamatan Pagar Alam Selatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: