Mega Proyek Jalan Tol Trans Sumatera, Biaya hingga Progres Pengerjaannya

Mega Proyek Jalan Tol Trans Sumatera, Biaya hingga Progres Pengerjaannya

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru saat melakukan peninjauan di ruas jalan tol Indralaya-Prabumulih, Minggu (15/1/2023). Foto : Istimewa--

JAMBI, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID – Pelaksanaan pembangunan ruas Tol Betung – Jambi, direncanakan dimulai tahun ini. Berdasarkan informasi dari laman LPSE Kementerian PUPR Republik Indonesia, pengerjaan pembangunan Tol Betung-Jambi dibagi 3 Seksi.

Pengerjaan akan dimulai pada Ruas Bayung Lencir - Simpang Tempino merupakan Seksi 1, 2 dan 3. Tol Bayung Lencir Simpang Tempino ini merupakan jalur utama Tol Trans Sumatera Betung - Jambi.

Semua Seksi mulai dikerjakan tahun ini dan diperkirakan pada Maret 2023.

BACA JUGA:Herman Deru Minta Pembangunan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Makin Dikebut

Dikutip dari jambiekspres.disway.id, Asisten I Setda Provinsi Jambi H Apani Saharuddin mengatakan, lokasi jalur Tol Jambi - Betung tidak jauh berubah dari dokumen perencanaan Kementerian PUPR.

Direncanakan ada 16 desa bakal dilalui jalur Tol Jambi-Rengat. Di Kabupaten Muaro Jambi ada 8 desa di dua kecamatan yang akan dilalui. Pertama Kecamatan Jaluko yakni Danau Sarang Elang, Desa Pijoan dan Desa Pematang Jering.

Lalu Kecamatan Sekernan meliputi Desa Tan-tan, Desa Rantau Majo Desa Gerunggung, Desa Bukit Baling dan Desa Suko Awin Jaya.

Selanjutnya di Kabupaten Batang Hari hanya satu desa dilalui yakni Desa Selat Kecamatan Pemayung.

Khusus untuk pintu exit tol Jambi-Rengat, Dalam Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah (DPPT) terdapat dua pintu exit di tol Jambi- Rengat. Yaitu berada di Gerunggung Bukit Baling Muaro Jambi dan di Dusun Mudo Merlung (Tanjab barat).

BACA JUGA:Akses Tol Lubuk Linggau - Bengkulu Tetap Tersambung

Pihak Kementerian PUPR menyebutkan nantinya Exit Tol ini bisa bertambah setelah fisik tol terbentuk. Bisa saja kepala daerah yang mengusulkan untuk membuat exit tol yang menguntungkan daerahnya, hanya saja akan ada persyaratan yang mengatur pembuatan exit tol tambahan ini.

Tak hanya itu, selain itu nantinya juga akan ada 3 Rest Area atau tempat istirahat yang dibuat yakni untuk ruas Tempino-Jambi rest area ditempatkan di Sungai Bertam.

Lalu untuk ruas Jambi – Batas Rengat di Desa Bukit Baling dan Tungkal. Sebelumnya, dikutip dari laman LPSE Kementerian PUPR, pengerjaan pembangunan Tol Betung-Jambi dibagi 3 Seksi.

Semua Seksi mulai dikerjakan tahun ini dan diperkirakan pada Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: