Google Perkenalkan Aturan Baru Keamanan Kata Sandi untuk Pengguna Gmail

Google Perkenalkan Aturan Baru Keamanan Kata Sandi untuk Pengguna Gmail

Google Perkenalkan Aturan Baru Keamanan Kata Sandi untuk Pengguna Gmail-ist-

Pengguna Workspace diharuskan untuk menggunakan metode autentikasi berbasis OAuth demi melindungi akun mereka dari risiko peretasan.

Siapa yang Terdampak oleh Aturan Baru Ini? Aturan keamanan baru ini berlaku bagi semua pelanggan Google Workspace. 

BACA JUGA:iOS 18 Hadir dengan Fitur Baru yang Menggoda, Ini 6 Perubahan Penting yang Harus Kamu Coba!

BACA JUGA:Apple Siapkan Gebrakan Baru, HomeOS dan Produk Smart Home Masa Depan

Google telah menghapus pengaturan aplikasi kurang aman dari konsol admin Google Workspace, sehingga tidak ada lagi akun baru yang dapat menggunakan metode lama tersebut. 

Bagi pengguna Gmail pribadi, mereka tidak akan terkena dampak langsung dari perubahan ini, tetapi akses IMAP hanya akan tersedia melalui OAuth, dan pengaturan terkait tidak dapat diubah.

Google merekomendasikan tiga langkah yang harus diambil oleh pengguna Google Workspace untuk menghindari kesalahan otentikasi, seperti pesan "nama pengguna dan kata sandi salah", ketika aturan baru mulai diterapkan.

Kepedulian terhadap Keamanan Masih Rendah 

BACA JUGA:10 Fitur dan Aplikasi macOS yang Telah Terlupakan, Namun Pernah Berjaya!

BACA JUGA:Epic Games Boikot Samsung Galaxy Store, Pertarungan Panas Dimulai!

Sebuah riset terbaru yang diterbitkan oleh Yubico, penyedia kunci keamanan perangkat keras, menunjukkan kurangnya kesadaran masyarakat terkait keamanan kata sandi. 

Survei ini melibatkan 20.000 responden dari seluruh dunia, termasuk AS dan Inggris, untuk memahami persepsi risiko pengguna sehari-hari.

Hasilnya, sebanyak 58% pengguna pribadi dan 54% pengguna di tempat kerja masih menggunakan kombinasi nama pengguna dan kata sandi untuk mengakses akun mereka. 

Ironisnya, 39% di antaranya percaya bahwa metode ini merupakan cara paling aman untuk melindungi akun mereka, sementara 37% lainnya merasa yakin bahwa autentikasi dua faktor berbasis SMS sudah cukup.

BACA JUGA:Google Perketat Keamanan Gmail, Pengguna Wajib Gunakan Metode Akses Lebih Aman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: