KPU di Daerah Ini Siap Buka Rekrutmen KPPS untuk Pilkada Serentak 2024

KPU di Daerah Ini Siap Buka Rekrutmen KPPS untuk Pilkada Serentak 2024

KPU di Daerah Ini Siap Buka Rekrutmen KPPS untuk Pilkada Serentak 2024--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID  — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kembali bersiap membuka rekrutmen untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Rekrutmen ini diadakan untuk memenuhi kebutuhan petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah OKI, termasuk TPS khusus di Lapas Kelas IIB Kayuagung.

Ketua KPU OKI, Muhammad Irsan, melalui Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih, dan SDM, Dedi Irama, menyampaikan bahwa pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut terkait proses rekrutmen ini.

"Saat ini kita masih menunggu petunjuk untuk pembukaan rekrutmen tersebut. Jika ada informasi lebih lanjut akan kami sampaikan," ujar Dedi.

BACA JUGA:KPU Kabupaten Empat Lawang Resmi Menutup Pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Periode 2024-2029

BACA JUGA:Kuasa Hukum Bakal Calon HBA dan Heni Verawati Tuding KPU Empat Lawang Manipulasi Aturan Pendaftaran

Menurutnya, untuk setiap TPS dibutuhkan tujuh petugas KPPS. Dengan total 1.229 TPS yang tersebar di seluruh OKI, termasuk TPS khusus di Lapas, dibutuhkan sekitar 8.603 petugas KPPS.

Meski demikian, teknis pelaksanaan rekrutmen, apakah dilakukan secara online atau tidak, masih dalam tahap menunggu petunjuk dari KPU pusat.

“Yang pasti, mereka yang mengikuti rekrutmen nanti harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Tugas mereka cukup berat, termasuk memastikan netralitas dan kelancaran proses pemungutan suara,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu warga Pedamaran III, Dimas Anggara, menyatakan minatnya untuk mengikuti rekrutmen KPPS di desanya.

BACA JUGA:KPU Empat Lawang Kembalikan Berkas Pendaftaran HBA-Henny

BACA JUGA:Hanya Ada Satu Paslon Mendaftar, KPU Empat Lawang Perpanjang Masa Pendaftaran

“Ini akan menjadi pengalaman yang berharga karena tugas KPPS ini banyak, mulai dari mengirimkan undangan pemilih hingga mencatat nama-nama pemilih tambahan. Selain itu, seru juga terlibat langsung, apalagi saat proses penghitungan suara,” ujar Dimas dengan antusias.

Pilkada serentak 2024 ini akan menjadi penentu nasib Kabupaten OKI untuk lima tahun ke depan, sehingga peran KPPS dalam proses pemilihan menjadi sangat krusial. Warga diharapkan turut serta dalam menyukseskan jalannya pemilihan dengan ikut berpartisipasi dalam rekrutmen KPPS. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: