Arkeolog Israel Temukan Cincin Emas Berusia 2.300 Tahun di Situs Kota Daud

Arkeolog Israel Temukan Cincin Emas Berusia 2.300 Tahun di Situs Kota Daud

Cincin emas berusia 2.300 tahun yang ditemukan di situs Kota Daud.--

JERUSALEM, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Para arkeolog Israel menemukan sebuah cincin emas berusia 2.300 tahun di situs Kota Daud, Yerusalem.

Cincin ini diperkirakan milik anak laki-laki atau perempuan yang hidup di masa periode Helenistik (323 SM - 63 SM).

Profesor Universitas Tel Aviv, Yuval Gadot dan oper ekskavator Efrat Bocher, mengatakan cincin tersebut ditemukan dalam kondisi terawat dengan baik, tanpa karat atau tanda kerusakan lainnya.

BACA JUGA:5 Larangan Penting dalam Melaksanakan Kurban Idul Adha 2024

"Cincin emas yang baru ditemukan ini bergabung dengan ornamen lain dari periode Helenistik awal yang ditemukan dalam penggalian Kota Daud, termasuk anting-anting binatang bertanduk dan manik-manik emas yang dihias," ujar mereka mengutip Foxnews.com.

Cincin ini terbuat dari lembaran emas tipis yang ditempa dan dibentuk menjadi lingkaran. Di bagian depan cincin terdapat batu mulia berwarna merah yang diukir dengan motif tertentu.

"Cincin emas yang baru ditemukan ini bergabung dengan ornamen lain dari periode Helenistik awal yang ditemukan dalam penggalian Kota Daud, termasuk anting-anting binatang bertanduk dan manik-manik emas yang dihias. Penemuan cincin ini merupakan penemuan penting bagi arkeologi karena memberikan informasi tentang kehidupan sehari-hari orang-orang yang tinggal di Yerusalem selama periode Helenistik," ungkap Otoritas Barang Antik Israel (IAA)

BACA JUGA:Pengguna Telegram Melonjak, Tapi Terancam Diblokir di Indonesia

Cincin ini juga menjadi bukti kekayaan dan kemewahan yang dimiliki oleh beberapa orang di masa itu.

Cincin ini akan dipamerkan kepada publik untuk pertama kalinya pada konferensi "Misteri Yerusalem" yang diadakan oleh IAA pada Hari Yerusalem.

Berikut beberapa fakta menarik tentang cincin emas ini:

- Cincin ini diperkirakan bernilai sekitar Rp 141 juta.

- Cincin ini ditemukan di tempat penggalian yang sama dengan tempat ditemukannya koin perak berusia 2.700 tahun pada bulan April 2024.

- Cincin ini akan disimpan di Museum Menara Daud di Yerusalem setelah dipamerkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: