5 Larangan Penting dalam Melaksanakan Kurban Idul Adha 2024

5 Larangan Penting dalam Melaksanakan Kurban Idul Adha 2024

Sapi--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-

Menjelang Idul Adha 2024, umat Muslim di seluruh dunia mempersiapkan diri untuk melaksanakan ibadah kurban.

Ibadah ini memiliki makna yang sangat mendalam dan mengharuskan para pelakunya untuk memahami beberapa aturan dan larangan agar kurban yang dilakukan sah dan diterima.

Berikut adalah panduan dan larangan penting yang harus diperhatikan oleh mereka yang berniat melaksanakan kurban pada Idul Adha 2024:

 1. Larangan Memotong Kuku dan Rambut

BACA JUGA:Benarkah Kurban Satu Kambing untuk Satu Orang Manusia?

Bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah kurban, dilarang untuk memotong kuku dan rambut mulai dari sepuluh hari sebelum hari penyembelihan.

Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ummu Salamah, di mana Nabi Muhammad SAW bersabda: 

"Apabila engkau telah memasuki sepuluh hari pertama (bulan Dzulhijjah) sedangkan di antara kalian ingin berkurban maka janganlah dia menyentuh sedikitpun bagian dari rambut dan kulitnya." (HR. Muslim).

2. Berkurban dengan Hewan Cacat

BACA JUGA:Carok: Tradisi Pembelaan Harga Diri di Madura

Hewan yang digunakan untuk kurban harus memenuhi syarat kesehatan dan fisik yang baik. Hewan dengan cacat seperti buta sebelah, sakit parah, pincang, atau sangat tua sehingga tidak memiliki sumsum tulang tidak sah untuk dijadikan hewan kurban. Hal ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW:

"Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang cacat hewan apa yang harus dihindari ketika berkurban. Beliau menjawab: “Ada empat cacat…” dan beliau berisyarat dengan tangannya." (HR. Ahmad dan Abu Daud, dinyatakan Hasan-Shahih oleh Tirmidzi).

3. Tidak Boleh Mengucapkan Shalawat saat Penyembelihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: