Keutamaan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal: Pahala Setara Puasa Setahun Penuh

Keutamaan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal: Pahala Setara Puasa Setahun Penuh

Ilustrasi --

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Selain sebagai penanda berakhirnya bulan suci Ramadhan, Idul Fitri juga menjadi waktu untuk merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa.

Meskipun rasa sedih karena berpisah dengan Ramadhan mungkin dirasakan, ada amalan sunnah yang dapat menambah pahala puasa, yakni berpuasa 6 hari di bulan Syawal. Berikut adalah 5 hal yang perlu Anda ketahui tentang puasa 6 hari di bulan Syawal:

1. Pahala Setara Puasa Setahun Penuh

BACA JUGA:Keutamaan Puasa Syawal: Kata UAS Memperoleh Pahala Sebagai Puasa Setahun Penuh

 Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub dalam Shahih Muslim menjelaskan bahwa "Puasa enam hari di bulan Syawal memiliki pahala yang besar.

Siapa saja yang berpuasa bulan Ramadhan kemudian mengikutinya dengan puasa 6 hari di bulan Syawal, maka seolah-olah dia telah berpuasa sepanjang tahun".

2. Waktu Pelaksanaan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

 Anda bisa melakukan puasa kapan saja di bulan Syawal, kecuali pada hari pertama atau di Hari Raya Idul Fitri. Hal ini ditegaskan dalam hadits riwayat Abu ‘Ubaid dalam Musnad Ahmad bahwa Rasulullah SAW melarang puasa pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.

BACA JUGA:Penjelasan Komisi Fatwa MUI Sulsel Mengenai Pembayaran Fidyah Puasa

3. Puasa 6 Hari: Berturut-turut atau Berselang-seling?

   Menurut pendapat Imam Syafii, berpuasa enam hari berturut-turut dimulai pada hari kedua bulan Syawal adalah yang terbaik.

Namun, menurut Imam Ahmad bin Hanbal, puasa enam hari boleh dilakukan secara berselang-seling sepanjang bulan Syawal.

4. Menggabungkan Puasa Qadha Ramadhan dengan Puasa Sunnah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: