Bagaimana Kondisi Bumi Dalam 500 Tahun Mendatang?

Bagaimana Kondisi Bumi Dalam 500 Tahun Mendatang?

Bagaimana bumi 500 tahun mendatang?--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Jika manusia dapat melakukan perjalanan waktu kembali ke masa lima abad yang lalu, mereka akan menemukan kerajaan Aztec yang berkembang di Meksiko tengah dan suhu yang lebih dingin di belahan Bumi utara.

Tapi bagaimana akan terlihat kehidupan dan kondisi Bumi dalam waktu 500 tahun mendatang?

BACA JUGA:Sungai Jakarta, Memahami Sejarah dan Misteri Sungai yang Menyelusuri Ibukota Indonesia

Dilansir dari How Stuff Works, pada abad ke-2500 mendatang, iklim Bumi diproyeksikan akan mendingin hingga mendekati kondisi Zaman Es Kecil, yang terjadi pada sekitar tahun 1300 hingga 1850 silam.

Namun, studi lain memperkirakan bahwa perubahan iklim yang sedang berlangsung saat ini dan penggunaan bahan bakar fosil akan membuat sebagian besar Bumi terlalu panas untuk kehidupan manusia pada tahun 2300 mendatang.

BACA JUGA:Wae Rebo, Keindahan Desa di Atas Awan, Pengunjung Wajib Bunyikan Ketongan

Menurut Michio Kaku, seorang fisikawan teoretis dan futuris, hanya dalam waktu 100 tahun, manusia akan membuat lompatan dari peradaban tipe nol ke peradaban tipe I pada Skala Kardashev.

Dengan kata lain, manusia akan menjadi spesies yang mampu memanfaatkan seluruh jumlah energi planet.

Jika hal ini benar-benar terjadi, maka manusia abad ke-26 akan menjadi penguasa teknologi energi bersih seperti fusi dan tenaga surya.

Mereka akan mampu memanipulasi energi planet untuk mengendalikan iklim global.

BACA JUGA:Merapi, Perkembangan Kerak Bumi atau Earth Crust

Sektor teknologi sendiri telah berkembang secara eksponensial sejak abad ke-16 dan perkembangan teknologi kemungkinan akan terus berlanjut hingga abad-abad mendatang.

Di sisi lain, futuris dan penulis Adrian Berry mengungkapkan bahwa rata-rata rentang hidup manusia di masa depan dapat mencapai 140 tahun, dan teknologi seperti penyimpanan digital kepribadian manusia mungkin akan menjadi kenyataan.

Hal-hal yang saat ini dianggap mustahil, seperti bercocok tanam di lautan, melakukan perjalanan antarplanet, dan membentuk koloni di Bulan dan Mars, kemungkinan akan menjadi bagian dari masa depan. (Pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: