Keuntungan Jika TK/PAUD Jadi Sekolah Penggerak

Keuntungan Jika TK/PAUD Jadi Sekolah Penggerak

ILUSTRASI.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Mengutip dari laman Kemendikbud.go.id, sekolah Penggerak ialah program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Seluruh sekolah di Indonesia di setiap jenjang pendidikan berlomba untuk mengikuti program Sekolah Penggerak, tak ketinggalan di Kabupaten Empat Lawang. 

BACA JUGA:Penggiat Literasi di Empat Lawang Tekankan Pentingnya Literasi Bagi Kalangan Pelajar

Terkhusus jenjang pendidikan TK/PAUD di Kabupaten Empat Lawang sudah ada 3 TK/PAUD yang menjadi Sekolah Penggerak dari 162 TK/PAUD se Kabupaten Empat Lawang.

Selvi Anggraini selaku Kabid TK/PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang tiga TK/PAUD yang menjadi Sekolah Penggerak yakni TK/PAUD Aries dari Kecamatan Tebing Tinggi, TK/PAUD Ta'am Uswatun Hasanah dari Kecamatan Talang Padang, dan TK/PAUD Nurul Iman dari Kecamatan Muara Pinang. 

BACA JUGA:Bunian's Quest: Kisah Pendaki Berani Dika Melawan Kabut demi Cinta

"Walaupun kita sekarang masih tiga TK/PAUD yang lulus menjadi Sekolah Penggerak tapi TK/PAUD yang lainnya tetap bisa untuk menerapkan kurikulum merdeka secara mandiri," kata Selvi.

Selvi melanjutkan, TK/PAUD yang belum lulus menjadi Sekolah Penggerak dapat mengunduh platform Merdeka Belajar.

Program dari Kemendikbud semua sekolah ke depannya diarahkan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka, baik dari Sekolah Penggerak ataupun yang belum menjadi Sekolah Penggerak.

BACA JUGA:Duel Maut di Jembatan Ponton: Tragedi Berdarah di Desa Padang Tepong

Lantas apa bedanya antara TK/PAUD Sekolah Penggerak dengan TK/PAUD yang bukan Sekolah Penggerak.

Dijelaskan oleh Selvi, tentunya ada keuntungan-keuntungan yang didapatkan ketika menjadi Sekolah Penggerak.

Salah satunya ialah TK/PAUD Sekolah Penggerak selain mendapatkan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) reguler, juga akan mendapatkan BOP Kinerja.

BACA JUGA:Mitos Gunting sebagai Penolak Bala bagi Ibu Hamil: Fakta atau Khayalan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: