Sempat Vakum, Pawai Karnaval di Empat Lawang Bangkitkan Semangat Patriotisme

Sempat Vakum, Pawai Karnaval di Empat Lawang Bangkitkan Semangat Patriotisme

Pertunjukan Aksi peserta pawai karnaval saat merayap di depan Bupati-Foto: Padri-REL

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Pemerintahan Kabupaten EMPAT LAWANG melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menyelenggarakan Pawai Karnaval yang meriah dan penuh makna, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Acara tersebut diadakan dengan tujuan untuk menggugah semangat nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan masyarakat, pelajar, dinas, khususnya generasi muda.

Pawai karnaval di Empat Lawang tahun ini menampilkan beragam peserta yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat, seperti pelajar, komunitas seni, dan organisasi kemasyarakatan. 

Acara yang dimulai dari pagi hari pukul 09.00 WIB dengan start di depan Polsek Tebing Tinggi dan berakhir di depan SDN 8 Tebing Tinggi berhasil menarik perhatian ribuan warga setempat yang memadati jalan-jalan utama kota.

BACA JUGA:UNIK! Meriahkan HUT RI ke-78, Pemdes dan Karang Taruna Desa Sawah Gelar Pacu Anjing

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tema pawai karnaval tahun ini mengangkat pesan tentang keberagaman budaya dan persatuan Indonesia. 

Berbagai kelompok peserta tampil dengan kostum-kostum unik yang menggambarkan kekayaan budaya daerah masing-masing. 

Mulai dari tarian tradisional hingga pertunjukan teater singkat, semua dipadukan dengan harmoni dalam pawai yang berlangsung meriah.

Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad melalui Sekretaris Daerah Pauzan Khoiri mengapresiasi semangat masyarakat yang mengikuti pawai karnaval.

BACA JUGA:Meriahkan Perayaan HUT RI ke-78, Kelurahan Tanjung Kupang Gelar Nobar Timnas dan Berbagai Perlombaan

"Kegiatan masih dalam rangkaian memeriahkan HUT ke-78 RI, sifatnya pesta rakyat lah dan untuk kegiatannya pawai karnaval, ada baris dari seluruh sekolah dari setingkatan TK, SD, SMP, SMA, dan ada pawai pembanguann dan lainnya," ungkap Pauzan.

Dengan harapan, semangat kemerdekaan ini akan terus terasa menggema di seluruh masyarakat sehingga ada nilai patriotisme, ada nilai kebanggaan, nilai nasionalisme yang semakin tinggi di kalangan masyarakat rela berkorban untuk bangsa dan negara, terus melaju Indonesia maju.

Ia juga mengapresiasi penampilan dari siswa siswa yang mengikuti kegiatan pawai karnaval. Yang mana kata Pauzan kegiatan ini sempat vakum selama tiga tahun.

"Apresiasi luar biasa, jadi karena kita sempat terkungkung tiga tahun kemarin, 2020, 2021, 2022. 2022 kemarin sempat ada tapi masih dalam suasana setengah pandemi, dan sekarang sudah free, benar benar lepas jadi kita tidak lagi ragu ragu untuk melaksanakan berbagai aktivitas," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: