Dari Peninggalan Sejarah Bangka Belitung Munculkan Beberapa Legenda

Dari Peninggalan Sejarah Bangka Belitung Munculkan Beberapa Legenda

Batu Balai.--

BANGKA BELITUNG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - BANGKA BELITUNG memiliki banyak peninggalan sejarah dan juga legenda menarik yang diwariskan dari masa lampau. Berikut beberapa di antaranya:

-Legenda Lengkuas

Salah satu legenda terkenal di Bangka Belitung adalah tentang pulau Lengkuas di Belitung. Konon, dulu ada seorang puteri cantik bernama Lengkuas yang ditawan oleh seekor naga jahat di pulau tersebut.

Pangeran dari negeri tetangga datang menyelamatkan puteri tersebut dengan mengalahkan naga dan membebaskan Lengkuas.

BACA JUGA:Taman Wisata Keraton Kasepuhan Cirebon: Membawa Wisatawan ke Pesona Sejarah Jawa Barat

Sebagai tanda cinta abadi, mereka menanamkan sebatang pohon lengkuas (sejenis rempah-rempah) yang akhirnya menjadi pulau yang diberi nama Pulau Lengkuas.

-Legenda Gantung Kelimutu 

Legenda ini berhubungan dengan Batu Gantung di Pulau Belitung. Menurut cerita rakyat, batu tersebut adalah seorang pria yang terbuat dari batu. Pria itu adalah seorang pelaut yang kehilangan arah di tengah badai, dan dia kemudian berubah menjadi batu oleh tuhan.

BACA JUGA:5 Fakta Keindahan Gedung Sate: Kecantikan Arsitektur Kolonial di Jawa Barat

-Legenda Lutung Kasarung

Legenda ini berasal dari Pulau Bangka. Kisahnya mengenai seorang putri kerajaan bernama Lutung Kasarung yang dikutuk menjadi kera karena kesombongannya. Setelah melalui banyak cobaan dan belajar dari kesalahannya, Lutung Kasarung kemudian mendapatkan kembali bentuk manusianya.

-Legenda Naga Pari

Legenda ini berhubungan dengan sebuah batu besar yang memiliki gambaran naga di atasnya. Naga Pari diyakini sebagai penjaga keberuntungan dan keamanan bagi warga setempat.

BACA JUGA:Ketubean Sungai Musi, Warga Berduyun-duyun Menangkap Ikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: