Ternyata Begini Tradisi Patauan Budaya Suku Besemah di Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam

Ternyata Begini Tradisi Patauan Budaya Suku Besemah di Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam

Ilustrasi.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Ternyata Begini Tradisi Patauan Budaya Suku Besemah di Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam, Yuk Simak Ini Penjelasanya.

Ketika Suku Besemah yang mayoritas bermukim di Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam merantau, Tradisi Pantauan tetap jadi budaya di perantauan.

Namun, istilah pantauan hanya berlaku bagi mereka yang berasal dari dusun yang tersebar di kaki bukit barisan dan kaki Gunung Dempo ini.

BACA JUGA:Menelisik Tradisi Pantauan, Budaya Suku Besemah di Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam

Ternyata Tradisi Pantauan ini banyak jenisnya, tergantung pada situasi peristiwa yang terjadi. Namun dari sekian banyak, Pantauan Bunting menjadi tradisi yang paling popular.

Tradisi Pantauan ini adalah salah satu tahapan dalam berbagai peristiwa baik itu acara perkawinan, kepulangan dari tanah rantau atau kedatangan tamu, perayaan Idul Fitri, Idul Adha hingga datangnya duka atau kematian.

Pantauan Bunting adalah satu jenis tradisi yang seolah wajib dijalani oleh pasangan pengantin baru, pasca mereka sah menjadi suami istri.

BACA JUGA:Baru 10 Hari Menikah, Pengusaha di Sumsel Ditinggal Minggat Sang Istri

Sanak Saudara dan handai taulan akan mengantre meminta untuk disinggahi, sekedar untuk dinikmati hidangan yang mereka siapkan.

Pada saat itulah, para pengiring muda-mudi yang mengantar, mereka yang biasa disebut Bujang Antat dan Gadis Antat yang mengatur jadwal untuk mendatangi para pengundang.

Jika dalam satu kampung di tempat dilangsungkan pernikahan terdapat puluhan kerabat, sebanyak itu pula rumah yang harus didatangi dan dicicipi hidangannya.

BACA JUGA:Dua Rumah Panggung di Saung Naga, Ludes Terbakar

Karena, jika salah satu kerabat mengadakan pesta pernikahan, menjadi kewajiban sanak saudara lainnya untuk ikut memasak masakan yang lezat untuk disuguhkan.

Saat mendatangi rumah sanak kerabat itu, keakraban sanak saudara dimulai. Sang tuan rumah biasanya beramah tamah menanyakan tentang siapa pasangan dinikahi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: