Belajar Otodidak Melalui YouTube, Warga Tanjung Beringin Tanam Mentimun yang Tumbuh Subur

Belajar Otodidak Melalui YouTube, Warga Tanjung Beringin Tanam Mentimun yang Tumbuh Subur

Pepen, belajar otodidak tanam sayuran di depan rumah yang tumbuh subur.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pepen, warga kampung Tanjung Beringin, Kelurahan Pasar Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, menanam mentimun yang tumbuh subur di pekarangan rumah

Saat dibincangi, Pepen mengatakan, selain tanaman mentimun, ada juga tanaman jenis lainnya seperti cabe setan, jagung, sayur katu dan jenis sayuran lainnya.

Dikatakan Pepen, mentimun ini setelah panen langsung disuplai ke warung-warung dan rumah makan disekitaran Kecamatan Tebing Tinggi.

BACA JUGA:Rencana Mogok Berjualan Berimbas Kenaikan Harga Daging Ayam

"Timun sudah kita suplai ke rumah makan sebelum lebaran tadi, kalau kita jual ke pasar jatuh harganya. Kemenangan kita ini baru petik langsung kita jual, timun kita lurus-lurus nanamnya ini ada triknya," kata Pepen.

Dirinya berinsiatif bercocok tanam ini karena melihat lahan samping rumahnya yang kosong, sayangnya hanya jadi tempat sampah. Lalu mencoba belajar otodidak melalui YouTube, cara-cara tanam mentimun, pemupukannya dan lainnya.

"Guru saya banyak youtube, mana yang masuk akal saya ikuti," jelasnya.

BACA JUGA:Teatrikal 'Lesung Batu' Jadi Bentuk Pengenalan Empat Lawang Dalam Festival Sriwijaya XXXI

Menurutnya, mentimun ini 1 bulan sudah mulai berbungan, 1 bulan setengah hingga 2bulan mentimun nya langsung jadi dan bisa di panen, namun, harus rutin dipupuk.

"Untuk Pupuknya itu pupuk mutiara biru untuk pertumbuhan,dan pupuk MKP supaya bunganya tidak rontok, Terus baba dapur itu terbuat dari kunyit, gula merah, garam, micin, bawang merah, kapur sirih, terus air kelapa lalu di permentasikan minimal 24 jam," ujarnya.

Untuk bibit yang dipakai yakni bibit yang berkualitas yang dibeli di tokoh pertanian, 1 batang itu bisa menghasilkan 6 kilogram mentimun. Dilahannya itu 1 baris bisa ditanamai 38 batang mentimun.

BACA JUGA:Tim Gitar Tunggal Empat Lawang Raih Penghargaan di Pekan Kebudayaan Daerah

"Dalam 1 kilogram itu sekitar 6 buah mentimun, biasanya saya jual ke rumah makan 3 kilo, 1 kilonya 5 ribu. Sudah banyak yang pesan kemarin. Keunggulannya mentimun kami masih segar-segar karena baru petik langsung jual," paparnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: