Lahan Gambut Jadi Kendala Utama Pengerjaan Tol Jambi-Palembang

Lahan Gambut Jadi Kendala Utama Pengerjaan Tol Jambi-Palembang

Jalan Tol.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pengerjaan Tol Jambi-Palembang terus dikebut, namun sayang belum bisa menembus lahan menuju Sumsel. 

Pasalnya lahan yang dilewati lunak dan gambut.

Dari 15 kilometer proyek Tol Jambi menuju Sumsel, ternyata ada 3,3 kilometer yang harus menempuh lahan gambut 

BACA JUGA:Angkat Isu Stunting, Rakorwil II APEKSI Wilayah II SUMBAGSEL Sukses Digelar

Makanya orang Palembang dan sekitarnya harus bersabar, begitu juga sebaliknya masyarakat Jambi lebih menahan diri untuk bisa makan pempek di Ampera. 

Tanah lunak dan gambut memang jadi persoalan serius yang sering dihadapi pengembang saat membuka ruas Jalan Tol Trans Sumatera, pun di Pulau Jawa.

Namun demikian kita berharap, tol Jambi nanti nasib kontruksinya tidak sama dengan tol Cisumdawu di Jawa Barat. 

BACA JUGA:Jadwal Libur Sekolah Semester Genap Tahun 2023 Untuk TK/PAUD, SD, dan SMP

Tol Cisumdawu salah satu saksu di ruas Tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan) lahannya juga lunak, yang terjadi, lahan ruas tol ini kemudian tidak ditimbun dengan tanah tapi diuruk dengan kotak-kotak balok busa geofoam EPS.

Sementara belum lama ini Presiden Jokowi menegaskan jalan tol Palembang-Jambi-Rengat ditargetkan selesai tahun 2024 nanti, sebab hingga saat ini tidak ada hambatan dalam pengerjaannya. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi. 

Presiden Jokowi juga menegaskan tidak ada masalah sejauh ini, sebab dirinya tidak menerima laporan baik kendala teknis di lapangan atau persoalan pembiayaan dan lainnya. “Saya tidak mendengar ada masalah atau hambatan, artinya sesuai jadwal tahun depan,” tandasnya.

BACA JUGA: Idul Adha 2023 Butuh Hewan Kurban, Berikut 6 Jenis Sapi Lokal Indonesia

Dalam kunjungan kerjanya ke Jambi, Presiden Jokowi juga sempat meninjau jalan rusak di kawasan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jambi Kementerian PUPR, Ibnu Kurniawan kepada Jambi Ekspres (disway network) mengatakan, HK diminta menerapkan metode khusus agar mutu jalan tol yang dihasilkan nanti tetap baik dan yang terpenting tetap bisa rampung sesuai janji presiden kepada masyarakat Jambi yaitu tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: