Laporan Kades, Ruas Jalan dan Pemukiman Disapu Luapan Air Termasuk Kolam Ikan Dana Desa

Laporan Kades, Ruas Jalan dan Pemukiman Disapu Luapan Air Termasuk Kolam Ikan Dana Desa

Beberapa ruas jalan dan pemukiman rumah warga dimasuki air akibar meluapnya sungai yang ada di desa mereka, Sabtu (11/3/2023).-ISTIMEWA-

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Sejumlah kades melaporkan beberapa ruas jalan dan pemukiman rumah warga dimasuki air akibar meluapnya sungai yang ada di desa mereka, Sabtu (11/3/2023).

Desa yang melaporkan air sungai meluap masuk didesa mereka diantaranya Terusan Baru, Seguring, Batu Pance, Rantau Tenang dan Ulak Mengkudu. 

"Semalam  warga Tebing Tinggi yang akan melintasi desa Ujung Alih melaporkan ada pohon yang tumbang dijalan sehingga menganggu arus lalu lintas," ungkap Camat Tebing Tinggi, Noperman Subhi dalam keterangan tertulisnya yang disampaikan ke sejumlah wartawan.

BACA JUGA:Kabid Pemdes Geram, Laporan Seluruh Kades Tebing Tinggi Selalu Lamban

Seperti laporan Kades Ulak Mengkudu, Libraco kata Camat Noperman, telah melaporkan kolam ikan yang didanai dengan Dana Desa disapu oleh luapan air Sungai Musi sehingga rusak dan ikannya lepas.

"Jangcik, Kades Seguring juga melapor dan mendata masyarakat yang rumahnya digenangi air sungai yang meluap," imbuhnya. 

Untuk pohon Tumbang di Ujung Alih sambung dia, saat sudah dibersihkan dan sekarang bisa dilewati kembali oleh kendaraan roda 2 dan 4. 

BACA JUGA:Aplikasi E-Laporan dengan Penambahan Menu di-Launching

"Pesan bapak Syahrial Podri, Kepala BPBD Empat Lawang, dia berharap instansi yang memiliki alat berat untuk siaga apabila ada bencana, khususnya tanah longsor yang menutupi jalan," imbuhnya.

Selaku Camat Tebing Tinggi, Noperman juga berharap agar masyarakat berhati-hati, khususnya yang tinggal dan kesehariannya beraktivitas di tepi sungai agar mewaspadai meningkatnya debit air sungai. 

"Kades dan lurah harus mengingatkan warga untuk berhati-hati akan bahaya meluapnya air sungai dan potensi longsor," ucapnya.

BACA JUGA:DPRD Empat Lawang Gelar Rapat Paripurna dengan Agenda Mendengarkan Laporan Banggar, ini Pesan Bupati Joncik

Bila perlu sambung dia, kades dan lurah buat posko untuk mengantisipasi bahaya banjir dan longsor. (dra)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: