Kabid Pemdes Geram, Laporan Seluruh Kades Tebing Tinggi Selalu Lamban

Kabid Pemdes Geram, Laporan Seluruh Kades Tebing Tinggi Selalu Lamban

Agusman Mulyadi Kabid Pemdes Pada Kantor DPMD Empat Lawang saat menyampaikan arahannya, Rabu (15/2/2023).-FOTO : PADRI/REL-

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) pada DMPD EMPAT LAWANG, Agusman Mulyadi menyampaikan kegeramannya, lantaran seluruh kades di Kecamatan Tebing Tinggi selalu terakhir dalam membuat laporan.

Kegeraman Agusman Mulyadi disampaikannya pada saat pertemuan Asistensi RPJMDDES, RKPDES dan APBDES tahun 2023 Kecamatan Tebing Tinggi, di aulah Kantor Camat Tebing Tinggi, Rabu (15/2/2023).

"Aku tidak tahu mis-nya ada dimana, dari tahun ketahun Tebing Tinggi masih terakhir sekali. Asistensi-asistensi terakhir sekali, dari penatausahaan terkahir sekali, dari laporan sama saja," ucap Agusman.

Oleh karena itu, ia merasa bingung di Kecamatan Tebing Tinggi ini apa masalahnya. Karena menurutnya disini sudah ada pendamping desa dan tenaga ahli (TA).

BACA JUGA:RPJMDES, Usulkan Pembangunan Tower Mini

"Maaf pendamping desa sudah ada, TA sudah ada, bahkan kalian berada di ibukota kabupaten," ujarnya. 

Seharusnya sambung Agusman, kades-kades di Kecamatan Tebing Tinggi menjadi contoh yang baik bagi kecamatan yang lain.

"Karena apa, karena fasilitas sudah lengkap, mau apa kalian. Saya bicara begini karena disini rata-rata baru semua, hanya satu yang lama, entah Pj atau definitif itu baru semua. Ini mungkin menjadi masuk-masukan ibu/bapak ke depan," bebernya.

Saking selalu terakhir, sampai hari ini lanjutnya, penatausahaan Siskuedes masih juga ada yang belum. Padahal itu adalah laporan LKPJ Bupati. Dia mengingatkan, jangan sampai kejadian 3 tahun lalu terulang kembali.

BACA JUGA:Akses Jalan Desanya Rusak Parah, Kades Rencanakan Penimbunan

"Kenapa saya bilang terulang kembali, ada beberapa kepala desa diberhentikan oleh bupati, itu di Tebing Tinggi. Kepala Desa di Tebing Tinggi yang diberhentikan itu, karena tidak menunaikan kewajiban, selalu lambat, tidak dilaksanakan," sampainya.

Ditambahkan Agusman, ia meminta agar kepala desa memperdayakan perangkat desa. Karena kalau perangkat desa sudah diperdayakan pasti akan cepat selesai untuk pembuatan dokumen.

"Tidak juga susah pak buat RPJMDDes itu pak. Kenapa?, karena pak kades tinggal memerintah, tinggal merintah buat tim namanya tim sebelas yang diketuai Sekdes, Sekdes yang bekerja bukan pak kades," cetusnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Empat Lawang, Heru merasa kaget apa yang disampaikan Kabid Pemerintahan Desa. Karena ia merasa bahwa Kecamatan Tebing Tinggi adalah wilayah kerjanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: