Aplikasi E-Laporan dengan Penambahan Menu di-Launching

Aplikasi E-Laporan dengan Penambahan Menu di-Launching

LAUNCHING : Aplikasi E-Laporan Kabupaten Empat Lawang, sebagai sistem informasi digital Monev dengan penambahan fitur Menu, di-launching, Selasa (1/11). Foto : Andika/REL.--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.COM - Aplikasi E-Laporan Kabupaten Empat Lawang, sebagai sistem informasi digital Monitoring dan Evaluasi (Monev) dengan penambahan fitur Menu, di-launching, Selasa (1/11).

Launching applikasi tersebut, belangsung di ruang rapat Kantor Badan Perencanaak Pemvangunan Daerah dan Penilitian Pembangunan (BAPEDA dan LITBANG) Kabupaten Empat Lawang, itu dihadiri Sekda Empat Lawang, bersama Kepala BAPEDA dan LITBANG Kabupaten Empat Lawang dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

Sekda Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denin mengapresiasi adanya aplikasi E-Laporan ini. Kata dia, dengan adanya E-Laporan semua akan mengetahui apa yg telah direncanakan dan apa saja yang semua sudah dikerjakan serta yang dilakukan OPD.

"Melalui aplikasi itu, semua akan kita tinjau, dengan harapan proses perencanaan akan terlaksanakan. Usia kita boleh muda tapi kita tidak boleh kalah dengan daerah lain," ungkap Sekda Fauzan.

Sekda berharap, dalam pelaksanaan laporan, semuanya akan dilakukan evaluasi secara  berjenjang, dan pihaknya selaku Sekda Empat Lawang, akan tahu segala aktivitas di OPD.

"Saya perintahkan seluruh OPD aktifkan media sosial, sampai kan kepada masyarakat,segala kegiatan yang ada di Pemerintahan Kabupaten Empat lawang. Sebab, selama ini kita Sudah banyak melakukan program kerja tapi msyarakat banyak tidak tahu," katanya.

Fauzan menyebut, selama ini yang tidak dilaporkan kepada pimpinan itu tidaK akan diketahui. "Walaupun kita jungkir balik dalam bekerja keras tapi jika pimpinan tidak diberi tahu, maka pimpinan tidak tahu," terangnya.

Itupun tambah Sekda, berlaku jika kerja keras yang dilakukan tidak dipublikasikan ke masyarakat, maka masyarakat juga tidak tahu.

"Ketika kita sudah kita laporkan kepada pimpinan tapi tidak kita publikasikan, masyarkat tidak tahu," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BAPEDA dan LITBANG Kabupaten Empat Lawang, H Indera Supawi menjelaskan, kegiatan lauching aplikasi E-Laporan ini adalah suatu edukasi bahwa jajaran di Pemkab Empat Lawang sudah melakukan secara rutin pelaksanaan perencanaan untuk mengukur kinerja  atau membuat laporan.

"Bahwa selama ini kita sudah melakukan tugas sesuai dengan ketentuan," imbuhnya.

Namun tambah dia, dari tahapan-tahapan beberapa tahun ini pihaknya menemukan beberapa hal yang perlu diperbaiki karena adanya kesulitan-kesulitan untuk menghimpun data untuk membuat laporan. "Dengan adanya aplikasi ini semoga kinerja kita lebih baik dari yang sebelumnya," harapnya.

Melalui aplikasi E-Laporan ini juga, kata Indera, Bupati dan Wakil Bupati biasa memantau kinerja serta laporan seluruh OPD. "Kita juga bisa sama-sama memantau dalam penghimpunan data-data laporan," tandasnya. (dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: