Latih Kemampuan Siswa dengan Ikut Organisasi

Latih Kemampuan Siswa dengan Ikut Organisasi

ilustrasi-Foto: Tabloidmitra.com-

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Organisasi banyak memiliki manfaat untuk mengasah berbagai kemampuan siswa, misalnya kemampuan berbicara di depan umum, berkomunikasi, bersosialisasi.

Salah satu siswa yang aktif berorganisasi sejak SD hingga sekarang di bangku SMA N 1 Tebing Tinggi yakni Aqillah Zarma Nadinda. 

Aqillah menjelaskan banyak ikut organisasi misal Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Empat Lawang, Forum Anak, Forum Genre, dan di sekolah juga Qillah sebagai wakil ketua osis dan ketua MPK.

BACA JUGA:4 Manfaat Berorganisasi Bagi Siswa dan Mahasiswa, Nomor 4 Luar Biasa 

"Dengan kita banyak ikut organisasi itu bisa saling tukar pikiran sesama anggota organisasi dan dilatih untuk berpikir kreatif, mandiri serta dapat menimbulkan dampak yang positif tentunya," kata Aqillah.

Di tempat berbeda, Rapik Udin selaku Ketuo Organisasi Laskar Penjelajah Alam (LPA) Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, menuturkan dengan berorganisasi dapat menambah pergaulan dan menambah wawasan sesuai organisasi yang diikuti.

Contoh, kalau mengikuti organisasi LPA maka dengan sendirinya menambah wawasan tentang alam dan rute-rute penjelajahan potensi wisata yang tersembunyi di alam sekitar.

"Jadi kalau ingin banyak wawasan ikutilah lebih dari 1 organisasi, banyak organisasi yang diikuti akan menambah banyak relasi," tutur Rapik.

BACA JUGA:Duo Agung Nahkodai OSIS SMA Negeri 1 Tebing Tinggi

Rapik melanjutkan, dengan mengikuti organisasi dapat menambah keberanian ketika berhadapan dengan orang banyak karena sudah terbiasa di organisasi.

Contoh, ketika seseorang sebelum berorganisasi masih kaku berintraksi dengan orang baru atau demam panggung ketika di depan podium maka dengan sendirinya setelah berkecimpung di organisasi keberanian dan kecakapan di depan umum atau podium akan muncul dengan seiring waktu.

"Jadi ayo berorganisasi karena manfaatnya sangat banyak," kata Rapik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: