Aneka Ragam Makanan Khas Kabupaten Empat Lawang

Aneka Ragam Makanan Khas Kabupaten Empat Lawang

FOTO :IST/REL--

EMPAT LAWANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kabupaten Empat Lawang merupakan sebuah Kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Selatan letaknya berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu, Kabupaten Lahat dan Kabupaten Musi Rawas.
 
Kabupaten ini memiliki slogan Saling Keruani Sangi Kerawati dihuni oleh beberapa suku seperti Suku Lintang, Suku Besemah, Suku Tebing, dan Suku Col.
 
Dimana dari masing-masing suku tersebut setidaknya ada enam buah bahasa yang digunakan oleh masyarakat Kabupaten Empat Lawang.
 
 
Masyarakat Kabupaten Empat Lawang tentu juga memiliki makanan khas, apa saja makanan khas kabupaten Empat Lawang, yuk simak :
 
Daftar Makanan Khas kabupaten Empat Lawang :
 
1. Gonjeng
 
Gonjeng merupakan salah satu makanan khas kabupaten Empat Lawang, Gonjeng dibuat menggunakan tepung beras dan kelapa parut sebagai bahan utamanya.
 
2. Tapai Daun Milling (Kemiri)
 
Tapai atau Tape Kemiri merupakan fermentasi yang dibuat dari beras ataupun beras ketan, biasanya panganan manis ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang.
 
khusus di Empat Lawang menggunakan daun Milling atau kemiri akan tetapi saat ini sudah mulai jarang ditemui.
 
 
3. Sagon
 
Panganan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula, biasanya ada pada acara pernikahan akan tetapi saat ini agak jarang ditemui.
 
4. Lemang Bambu
 
Lemang Bambu makanan khas daerah Lintang makanan lemang sudah agak jarang ditemui. Biasanya makanan ini sering dijumpai pada acara persedekahan sebelum acara puncak sebuah pernikahan.
 
5. Roti Dencis
 
Disebut roti dencis karena roti atau biskuit ini menggunakan kaleng bekas dencis (sarden) sebagai cetakan. Saat ini roti ini sudah tidak pernah ditemukan lagi.
 
 
6. Kelicuk 
 
Kelicuk makanan khas kabupaten Empat Lawang yang terbuat dari perpaduan pisang, kelapa parut, gula merah, gula pasir dan garam halus. Kelicuk biasanya dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional kabupaten Empat Lawang. 
 
Itula berbagai macam makanan khas dari kabupaten Empat Lawang, bagi kalian yang penasaran untuk mencoba dan merasakan bagaimana keunikan dan kelezatannya, mari datang ke kabupaten Empat Lawang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: