Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol

Ini Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol

Ilustrasi--

EMPAT LAWANG, 
RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol, yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah.
 
Kolesterol merupakan jenis lipid khusus yang disebut steroid, suatu lipid yang memiliki struktur kimia empat cincin atom karbon. 
 
Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Semua hormon steroid ini terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol.
 
 
Kadar kolesterol terlalu tinggi dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. 
 
Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk.
 
Sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160–200 mg. 
 
 
Berikut makanan yang harus dihindari bagi penderita kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.
 
1. Jeroan
Jeroan adalah bagian isi perut dan organ hewan. Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol ini memang tinggi kandungan kolesterol ketimbang bagian lainnya. Misalnya babat, otak, ampela, ati, usus, sampe kikil. Tidak hanya itu, jeroan juga kaya asam urat. 
 
2. Udang dan Lobster
Aneka makanan laut seperti udang, lobster termasuk makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. 
 
Misalnya untuk 100 gr lobster, terdapat 70 mg kolesterol. Sementara itu, untuk 100 gr udang, terdapat 189 mg kolesterol menurut USDA, kepiting 55 – 59 mg, dan kepiting jenis blue crab 97 mg. 
 
 
Konsumsi udang dan kepiting, tidak menaikan kadar kolesterol jahat. Karena keduanya rendah lemak dan kalori. Hanya saja, kandungan natrium atau garam cenderung tinggi, khususnya untuk kepiting. 
 
3. Kulit
Aneka kulit seperti kulit sapi, kulit ayam, dan kikil juga kaya kolesterol dan lemak jenuh. Misalnya untuk 100 gr kulit ayam panggang, kadar kolesterolnya bisa mencapai 120 mg kolesterol dan lemak total 40 gram. Kalo digoreng, ya makin tinggi. 
 
4. Makanan cepat saji
Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol seperti makanan cepat saji. Meski ada di sekitar kita, tapi makanan ini cenderung micu penyakit lainnya seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan risiko penyakit jantung. 
 
Gula dan junk food menjadi salah satu penyebab kolesterol pada anak muda. 
 
5. Aneka makanan berlemak jenuh
Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol salah satunya adalah aneka makanan berlemak jenuh. 
 
 
Misalnya makanan yang diolah atau dicampur dengan santan kelapa, minyak sawit, mentega, margarin, minyak kelapa, hingga daging kemasan seperti kornet dan sosis. Makanan seperti ini perlu dibatasi biar tidak memicu kolesterol makin tinggi. 
 
6. Aneka makanan gorengan
Nah, makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Tiap makanan yang digoreng lama atau deep fried cenderung menghasilkan zat lemak jenuh yang bisa menaikan kolesterol. 
 
7. Daging bebek
Dibanding daging ayam, kandungan kolesterol daging bebek lebih tinggi. Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol ini punya kandungan kolesterol sebanyak 80 mg untuk 100 gr daging. 
 
8. Steak daging sapi
Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol adalah steak, khususnya dari daging sapi. Ada bagian daging pada steak yang kaya lemak dan kolesterol.
 
 
Nah itulah pembahasan 8 makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Semoga kamu tetap sehat, bebas kolesterol, dan aktif bergerak ya. 
 
(dik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jagadiri.co.id