Fosil Dinosaurus dari Kagawa Dikonfirmasi Sebagai Hadrosaurus

Fosil Dinosaurus dari Kagawa Dikonfirmasi Sebagai Hadrosaurus

Sebuah fosil yang ditemukan di Kota Sanuki, Prefektur Kagawa pada tahun 1986 telah diidentifikasi sebagai bagian dari dinosaurus herbivora dari kelompok Hadrosaurus. -DISWAY NETWORK-

"Jika itu adalah plesiosaurus laut, tulangnya akan lebih tipis, dan bentuk sendinya berbeda dengan mosasaurus," jelasnya.

Pada tahun 2016, Museum Sejarah Alam Kota Osaka mengumumkan bahwa fosil tersebut kemungkinan besar adalah fosil dinosaurus. 

BACA JUGA:Pulau Terpencil Skotlandia Ungkap Rahasia Zaman Es

BACA JUGA:Pemenang Lomba Menulis Surat PGRI Empat Lawang Diumukan, Berikut Daftarnya!

Bentuk tulang tersebut diduga berasal dari kelompok Hadrosaurus, namun identifikasinya belum bisa dipastikan. 

Setelah melakukan perbandingan dengan fosil yang ditemukan di Mongolia serta penelitian dalam dan luar negeri, tim peneliti yang dipimpin oleh Hayashi akhirnya mengonfirmasi identitas fosil tersebut melalui pemindaian CT yang mengungkapkan struktur internal fosil tersebut. 

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah internasional oleh Paleontological Society of Japan pada bulan Juli lalu.

Hadrosaurus dikenal sebagai dinosaurus herbivora berukuran besar, dengan panjang tubuh mencapai 7 hingga 8 meter dan memiliki paruh yang mirip dengan bebek, sehingga kadang disebut sebagai "dinosaurus berparuh bebek". 

BACA JUGA:Universitas PGRI Silampari Resmi Buka Program Studi S2 Manajemen Pendidikan

BACA JUGA:BKN Imbau PNS dan PPPK Segera Ganti Password: Dugaan Kebocoran Data ASN Mencuat

Mereka berkembang pesat pada periode Kapur, dan di Jepang, fosil dari kelompok ini sering ditemukan di lapisan tanah dari periode Kampanian.

Pada masa itu, wilayah Kagawa berada di bawah permukaan laut. 

Tidak adanya bekas kerang teritip pada fosil, serta penemuan fosil kayu raksasa di lapisan tanah yang sama, membuat Hayashi berhipotesis bahwa fosil ini kemungkinan besar tersapu ke laut oleh tsunami besar dan tertutup oleh sedimen yang cepat mengendap.

Lapisan tanah tempat fosil ini ditemukan merupakan bagian dari "Grup Izumi", yang membentang dari Kota Matsuyama di Prefektur Ehime, melalui Pegunungan Sanuki di perbatasan Prefektur Kagawa dan Tokushima, hingga ke Pulau Awaji di Prefektur Hyogo dan Prefektur Wakayama. 

BACA JUGA:Puluhan Guru SDN 6 Kayuagung Desak Kepsek Diberhentikan, Tuding Otoriter dan Tak Profesional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: