Sisa-Sisa Tiang Jembatan Sindangkasih, Saksi Bisu Pertempuran Heroik 7 Agustus 1947

Sisa-Sisa Tiang Jembatan Sindangkasih, Saksi Bisu Pertempuran Heroik 7 Agustus 1947

Istimewa/internet--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pada 7 Agustus 1947, sejarah mencatat pertempuran sengit antara pasukan TNI yang dibantu oleh pemuda dan masyarakat melawan konvoi besar pasukan Belanda di Sindangkasih, Ciamis.

Peristiwa ini menjadi saksi bisu dari kegigihan para pejuang Indonesia yang berhasil menghalau musuh dan merebut kemenangan.

Tiang-tiang sisa jembatan Sindangkasih menjadi saksi bisu perjuangan tersebut.

Konvoi besar pasukan Belanda yang melaju dari Ciamis mengalami penghadangan hebat di lokasi ini.

BACA JUGA:Jelang Peringatan HUT RI Lapas Empat Lawang Koordinasikan Persiapan Pemberian Remisi Dengan Pj Bupati

BACA JUGA:Invasi Majapahit ke Singapura: Perang Panjang Melawan Kekaisaran Mongol dan Penguasaan Temasik

Perlawanan sengit dari pejuang Indonesia membuat pasukan Belanda kocar-kacir, meninggalkan persenjataan serta ranpur mereka, termasuk salah satunya panser Dingo buatan Inggris.

Panser Dingo dan truk angkut personel milik Belanda yang berhasil dilumpuhkan oleh para pejuang, dahulu sempat dijadikan monumen untuk mengenang pertempuran heroik tersebut.

Salah satu pelaku sejarah yang terlibat dalam pertempuran ini adalah Kapten Burdah Anggawirya, ayahanda dari Raja Dangdut Rhoma Irama.

Berkat prakarsa H. Rhoma Irama, panser Dingo tersebut berhasil direstorasi oleh TNI Angkatan Darat sehingga bisa kembali berfungsi.

BACA JUGA:Misteri Pelet Jaran Guyang: Kisah Legenda dari Cirebon hingga Kerajaan Gegelang

BACA JUGA:Super Air Jet Siap Melayani Rute Jakarta - Lubuklinggau di Bandara Silampari

Sayangnya, meskipun tempat ini menyimpan nilai sejarah yang sangat penting bagi perjuangan bangsa, jarang dijadikan objek study tour bagi para pelajar.

Bahkan, pelajar dari Tasikmalaya sendiri lebih memilih berkunjung ke Yogyakarta atau kota-kota lain yang lebih jauh, seolah melupakan tapak perjuangan para leluhur mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: