Daftar Negara Termuda di Dunia: Dari Sudan Selatan hingga Bosnia dan Herzegovina

Daftar Negara Termuda di Dunia: Dari Sudan Selatan hingga Bosnia dan Herzegovina

Daftar Negara Termuda di Dunia: Dari Sudan Selatan hingga Bosnia dan Herzegovina-ist/net-

Daftar Negara Termuda di Dunia: Dari Sudan Selatan hingga Bosnia dan Herzegovina

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Menurut data terbaru dari World Population Review per 27 Maret 2024, terdapat sejumlah negara yang baru-baru ini mendeklarasikan kemerdekaan mereka. Berikut adalah daftar lengkapnya:

1. **Sudan Selatan**  

   Sudan Selatan menyatakan kemerdekaannya pada tahun 2011 setelah mengalami perang saudara yang panjang dengan Sudan. Negara ini saat ini berusia 12 tahun.

2. **Kosovo**  

   Kosovo memisahkan diri dari Serbia pada tahun 2008. Meskipun belum diakui oleh seluruh negara di dunia, Kosovo telah merayakan kemerdekaannya selama 15 tahun.

3. **Montenegro**  

   Pada tahun 2006, Montenegro secara resmi memisahkan diri dari Serbia setelah Uni Serbia dan Montenegro bubar. Hari kemerdekaan Montenegro diperingati setiap tanggal 3 Juni.

BACA JUGA:DKPP Berhentikan Hasyim Asy'ari dari Jabatan Ketua KPU RI

4. **Serbia**  

   Serbia juga menyatakan kemerdekaannya pada tahun 2006 setelah bubar dari Uni Serbia dan Montenegro. Negara ini mewarisi hak dan kewajiban hukum internasional dari negara Yugoslavia.

5. **Timor Leste**  

   Timor Leste, sebelumnya dikenal sebagai Timor Timur, merdeka dari Indonesia pada tanggal 20 Mei 2002 setelah referendum yang diadakan pada tahun 1999. Negara ini berusia 22 tahun pada tahun 2024.

6. **Palau**  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: