Mahluk Gaib Buncul Menghebohkan Warga Cirebon: Fakta dan Mitos

Mahluk Gaib Buncul Menghebohkan Warga Cirebon: Fakta dan Mitos

Istimewa/internet--

Kabar tentang makhluk buncul terus heboh selama beberapa hari hingga akhirnya terungkap bahwa makhluk tersebut adalah palsu.

Abdul Jamil diketahui menipu masyarakat dengan membuat patung yang menyerupai makhluk buncul.

Akibatnya, Abdul Jamil ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka penipuan oleh pihak kepolisian.

BACA JUGA:Tambahan Penghasilan untuk Guru Non Sertifikasi dari Nadiem Makarim akan Cair Bulan Juli 2024

"Kami sudah tetapkan dia (Abdul Jamil) sebagai tersangka. Saat ini pelaku sudah diamankan," ujar Kapolres Cirebon saat itu, AKBP Edi Mardianto, pada Rabu, 19 Januari 2011.

Mitos tentang makhluk buncul bukan hanya ada di Cirebon, tetapi juga dikenal di wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa Barat, termasuk Indramayu dan Subang.

Buncul dianggap sebagai makhluk gaib yang menakutkan, namun ada juga yang berpendapat bahwa buncul hanyalah fiksi yang diciptakan oleh orang-orang terdahulu untuk menakut-nakuti anak-anak agar tidak bermain terlalu lama di sungai.

Rubrik Jabar X-Files dari detikJabar mengangkat berbagai peristiwa aneh dan menarik yang pernah terjadi di Jawa Barat, termasuk penemuan makhluk buncul yang sempat menghebohkan warga Cirebon ini.

BACA JUGA:9 Sekolah Unik di Indonesia: Membuka Peluang, Menginspirasi Generasi

Fakta terungkap bahwa buncul hanyalah sebuah patung buatan mengingatkan kita akan pentingnya menyikapi kabar dengan kritis dan tidak mudah percaya pada hal-hal yang belum terbukti kebenarannya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: