Ribuan Umat Muslim Padati Masjid Agung Palembang

Ribuan Umat Muslim Padati Masjid Agung Palembang

BANJIRI: Ribuan umat muslim di Kota Palembang membanjiri Masjid Agung Sultan Mahmud Jayo Wikramo, yang lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Palembang, Senin (17/6/2024). Foto: dok/ist--

REL, Palembang Ribuan umat muslim di Kota Palembang membanjiri Masjid Agung Sultan Mahmud Jayo Wikramo, yang lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Palembang, untuk melaksanakan salat Idul Adha

Gelombang jamaah yang datang tidak hanya memenuhi halaman masjid, tetapi juga meluber hingga ke jalan raya di sekitarnya, bahkan sampai ke Jembatan Ampera.

Pelaksanaan salat Iduladha ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Pejabat Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni, Pejabat Walikota Palembang Ratu Dewa, dan seluruh pejabat Forkopimda dari Sumatera Selatan dan Kota Palembang. 

Kegiatan ini menambah kesemarakan perayaan Iduladha tahun ini.

BACA JUGA:355 Ekor Sapi untuk Masjid di Sumsel

Salat Iduladha 1445 Hijriah dimulai tepat pada pukul 07.45 WIB. Ustad Kiagus Adlan Maghfur bertindak sebagai imam, sementara khotib usai salat disampaikan oleh Ustad Masagus Ahmad Fatoni Husin Umri. 

Dalam khutbahnya, Ustad Masagus Ahmad Fatoni menekankan makna Iduladha sebagai hari raya kurban, mengingatkan jamaah akan kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT, seperti yang tercantum dalam Surah As-Saffat ayat 105.

Pejabat Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Iduladha membawa banyak kebaikan bagi masyarakat. 

Selain sebagai momen untuk meningkatkan keimanan, hari raya kurban juga memberikan berkah ekonomi bagi para penjual hewan kurban dan berkah kesehatan bagi masyarakat yang mengonsumsi daging kurban, sehingga bisa meningkatkan gizi mereka. 

BACA JUGA:Mitos atau Fakta? Makan Daging Kambing Bikin Hipertensi, Ini Kata Dokter

Tahun ini, terdapat sekitar 16 ribu hewan kurban di seluruh Sumatera Selatan, yang dikumpulkan dari berbagai masjid, musala, kantor, dan pondok pesantren.

Usai melaksanakan salat, Pejabat Gubernur Sumsel Agus Fatoni dan Pejabat Walikota Palembang Ratu Dewa menyempatkan diri untuk meninjau hewan kurban yang ada di Masjid Agung Palembang. 

Pada tahun ini, Masjid Agung Palembang menerima 14 ekor sapi dan 9 ekor kambing untuk dikurbankan, dengan jumlah kupon kurban yang disediakan mencapai lebih dari 2500 kupon.

Perayaan Iduladha di Palembang tahun ini berjalan dengan khidmat dan penuh keberkahan, mencerminkan semangat gotong royong dan kedermawanan masyarakat dalam berbagi rezeki dan kebahagiaan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: