Seleksi Jalur Mandiri UGM: Peluang Masuk dan Proses Seleksi

Seleksi Jalur Mandiri UGM: Peluang Masuk dan Proses Seleksi

Ilustrasi--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID-

Universitas Gadjah Mada (UGM) telah membuka seleksi jalur mandiri melalui Ujian Masuk UGM Computer Based Test (UM UGM CBT) di tujuh kota besar di Indonesia.

Proses pendaftaran telah berlangsung sejak tanggal 17 April hingga 7 Mei.

Kota-kota yang menjadi lokasi pelaksanaan ujian meliputi Pekanbaru, Medan, Makassar, Balikpapan, Kupang, Yogyakarta, dan Jakarta.

Jadwal ujian berbeda-beda untuk setiap kota, dengan jadwal terdekat di Kota Kupang pada 28-30 Mei 2024, diikuti oleh Balikpapan, Pekanbaru, Medan, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta.

BACA JUGA:602 Instansi Usulkan Kebutuhan CPNS 2024, Pendaftaran Dibuka Juni atau Juli?

Syarat umum untuk mendaftar UM-CBT UGM adalah menjadi siswa kelas 12 SMA/MA/atau sederajat/Paket C, atau lulusan dua tahun terakhir (Angkatan 2023 dan 2022) dengan maksimal usia 25 tahun.

Selain itu, calon mahasiswa harus memiliki nilai/skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SNBT 2024.

Persentase mahasiswa yang diterima melalui jalur UM UGM CBT mencapai 40 persen atau setara dengan 3.720 calon mahasiswa.

Proses seleksi dilakukan dengan menggabungkan nilai UM-CBT UGM dengan nilai SNBT, dan peserta yang lolos akan ditentukan berdasarkan hasil akhir dari pembobotan nilai tersebut.

BACA JUGA:Pendaftaran Sekolah Kedinasan IPDN 2024, Peluang Lolos Naik 35 Persen!

Seleksi jalur mandiri ini memberikan peluang bagi calon mahasiswa yang memiliki potensi akademik dan kompetensi yang dibutuhkan oleh UGM.

Dengan adanya seleksi jalur mandiri ini, diharapkan mampu meningkatkan kesempatan akses pendidikan tinggi bagi para generasi muda di berbagai kota besar di Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: