Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Dia Tradisi Unik yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Ramadhan!

Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Dia Tradisi Unik yang Wajib Anda Lakukan Sebelum Ramadhan!

Tradisi Sedekah Ruwah.-DISWAY NETWORK/RAKYAT EMPAT LAWANG-

SEMARANG, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat bagi umat Islam di seluruh dunia. Di bulan ini, umat Islam berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah dan amal sholeh, serta menjauhi segala hal yang dapat mengurangi pahala dan keutamaan Ramadhan. 

Selain itu, bulan Ramadhan juga menjadi kesempatan untuk memperbaiki hubungan dengan Allah SWT, dengan diri sendiri, dan dengan sesama manusia, termasuk dengan para leluhur yang telah meninggal dunia.

Salah satu cara untuk memperbaiki hubungan dengan para leluhur adalah dengan melakukan Sedekah Ruwah, sebuah tradisi yang masih dilestarikan oleh masyarakat Jawa, khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Sedekah Ruwah, atau yang juga dikenal sebagai Ruwahan, adalah sebuah bentuk penghormatan dan rasa syukur kepada para leluhur yang telah berpulang ke rahmatullah. 

BACA JUGA:Sambut Bulan Ramadan Warga Desa Gelar Tradisi Ruwahan

Tradisi ini tidak hanya merupakan ritual keagamaan, tetapi juga bagian dari warisan budaya yang kaya akan makna dan nilai.

Apa itu Sedekah Ruwah?

Sedekah Ruwah berasal dari kata "sedekah" yang berarti memberi sesuatu secara sukarela tanpa mengharapkan balasan, dan "ruwah" yang berarti jiwa atau roh. Jadi, Sedekah Ruwah berarti memberi sesuatu kepada jiwa atau roh para leluhur yang telah meninggal dunia. Sesuatu yang diberikan bisa berupa doa, bacaan Al-Quran, sholawat, tahlil, atau makanan dan minuman yang disajikan di atas tampah atau dulang.

Sedekah Ruwah dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur kepada para leluhur yang telah memberikan warisan spiritual kepada generasi berikutnya. Dengan melakukan Sedekah Ruwah, kita mengirimkan doa dan memohonkan ampunan bagi mereka yang telah berpulang, serta mengharapkan mereka juga mendoakan kita yang masih hidup. Selain itu, Sedekah Ruwah juga merupakan ungkapan rasa terima kasih dan penghargaan yang dalam terhadap orang-orang yang telah banyak berjasa dalam kehidupan kita, baik secara langsung maupun tidak langsung.

BACA JUGA:Dahsyatnya Keutamaan Sedekah Subuh Menurut Syech Ali Jaber, Penuh Berkah Berlimpah!

Kapan dan Bagaimana Melakukan Sedekah Ruwah?

Sedekah Ruwah biasanya dilakukan menjelang bulan Ramadhan, pada bulan Ruwah dalam kalender hijriah yang sama dengan bulan Sya'ban. Bulan Ruwah dipercaya sebagai bulan yang penuh berkah, karena di bulan ini banyak terjadi peristiwa penting dalam sejarah Islam, seperti kelahiran Nabi Muhammad SAW, peristiwa Isra Mi'raj, dan penurunan Al-Quran. Selain itu, bulan Ruwah juga dipercaya sebagai bulan yang paling dekat dengan bulan Ramadhan, sehingga menjadi persiapan untuk menyambut bulan suci tersebut.

Untuk melakukan Sedekah Ruwah, biasanya keluarga atau kerabat yang masih hidup berkumpul di rumah atau di makam para leluhur. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pengajian, bacaan Al-Quran, sholawat, tahlil, doa bersama, dan pembagian makanan dan minuman kepada para tamu dan tetangga. 

Makanan dan minuman yang disajikan biasanya berupa nasi, lauk-pauk, kue, buah-buahan, dan air putih. Makanan dan minuman ini disimbolkan sebagai sedekah yang diberikan kepada para leluhur, dengan harapan mereka mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: