Mengurai Misteri Surat Suara: Rahasia di Balik Sah dan Tidak Sahnya Pilihan Anda di Pemilu 2024

Mengurai Misteri Surat Suara: Rahasia di Balik Sah dan Tidak Sahnya Pilihan Anda di Pemilu 2024

Mengurai Misteri Surat Suara: Rahasia di Balik Sah dan Tidak Sahnya Pilihan Anda di Pemilu 2024--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Pada 14 Februari 2024, Indonesia akan menyelenggarakan pemungutan suara dalam Pemilu 2024.

Proses ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memilih presiden, wakil presiden, anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan DPD.

Namun, penting untuk memahami perbedaan antara surat suara sah dan tidak sah agar suara masyarakat bisa dihitung dengan benar.

BACA JUGA:10 Kecamatan Di Kabupaten empat Lawang Tak ada TPS Terisolir

Surat Suara Sah

Surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden dianggap sah jika ditandatangani oleh ketua KPPS dan terdapat tanda coblos pada nomor urut, foto, nama pasangan calon, tanda gambar partai politik, dan/atau gabungan partai politik dalam surat suara.

Untuk pemilihan anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, surat suara dianggap sah jika ditandatangani oleh ketua KPPS dan terdapat tanda coblos pada nomor atau tanda gambar partai politik dan/atau nama calon anggota yang berada pada kolom yang disediakan.

Untuk pemilihan anggota DPD, surat suara dianggap sah jika ditandatangani oleh ketua KPPS dan terdapat tanda coblos pada kolom satu calon perseorangan.

BACA JUGA:Dir Binmas Polda Sumsel Pimpin Apel Pagi dan Berikan Arahan

Surat Suara Tidak Sah

Surat suara akan dianggap tidak sah jika terdapat tulisan dan/atau catatan lain pada surat suara.

Surat suara juga dianggap tidak sah jika pencoblosan tidak menggunakan alat coblos.

Peraturan yang mengatur kriteria sah dan tidak sahnya surat suara dapat ditemukan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 25 Tahun 2023 Tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Dalam Pemilihan Umum.

BACA JUGA:Mengungkap Keunikan dan Kekayaan Budaya Mentawai: Memahami 7 Warisan Budaya Takbenda yang Membanggakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: