Mengungkap Kota Saranjana: Sejarah Lokasi, Asal Nama, dan Peta

Mengungkap Kota Saranjana: Sejarah Lokasi, Asal Nama, dan Peta

Mengungkap Kota Saranjana: Sejarah Lokasi, Asal Nama, dan Peta-ist/net-

Peta tersebut, yang dibuat pada tahun 1845, menggambarkan wilayah yang kemungkinan merupakan wilayah Saranjana, tetapi keberadaannya masih dipertanyakan.

Asal-usul nama Saranjana juga menjadi sorotan. Dalam perspektif bahasa, ada kemungkinan hubungan antara nama Saranjana dengan "Sarangtiung", namun belum ada sumber yang mengonfirmasi hubungan tersebut.

BACA JUGA:Neiman Marcus Limited Edition, Simbol Eksklusivitas dalam Dunia Otomotif

Selain itu, jika dilihat dari kosakata India, "Saranjana" diartikan sebagai "tanah yang diberikan", tetapi belum ada bukti konkret mengenai pengaruh budaya India di Pulau Laut.

Menurut cerita dari Normasunah dalam publikasinya, Saranjana berasal dari legenda Kerajaan Pulau Halimun, di mana Gunung Saranjana adalah jelmaan dari tokoh Sambu Ranjana.

Dugaan juga muncul bahwa Saranjana mungkin merupakan wilayah kekuasaan suku Dayak Samihim, sebelum akhirnya kelompok suku ini meninggalkan wilayahnya akibat konflik dengan kekuatan asing.

BACA JUGA:Wow Ternyata Begini Manfaat Akar Ilalang dan Cara Pengolahannya

Sementara ada pula hipotesis yang menyebutkan bahwa Saranjana adalah sekadar memori kolektif, sebuah mitos tentang wilayah impian yang menjadi citra Pangeran Purabaya dan anaknya, Gusti Busu, dari Kerajaan Pulau Laut.

Keberadaan dan esensi Kota Saranjana tetap menjadi misteri yang mengundang tanda tanya, di antara sumber sejarah, legenda, dan teka-teki yang masih membingungkan.

BACA JUGA:Mengungkap 7 Kisah Misteri di Cadas Pangeran, Sumedang: Dari Hantu Tanpa Kepala hingga Trisula Gaib

Meski begitu, pesonanya dalam kisah dan mitos yang mengelilinginya terus memikat imajinasi banyak orang.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: