Proyek Jalan Terusan Tol Getaci Tasikmalaya-Ciamis Akan Selesai Menjelang Akhir 2023

Proyek Jalan Terusan Tol Getaci Tasikmalaya-Ciamis Akan Selesai Menjelang Akhir 2023

Proyek Jalan Terusan Tol Getaci Tasikmalaya-Ciamis Akan Selesai Menjelang Akhir 2023--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Proyek Jalan Terusan Exit Tol Gedebage-Tasikmalaya-Ciamis (Getaci) di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, diperkirakan akan selesai menjelang akhir tahun 2023.

Pengerjaan dua jalur Jalan Lingkar Utara tersebut saat ini hanya beberapa kilometer lagi menuju perbatasan antara Kota Tasikmalaya dan Ciamis.

Selain itu, Jalan Sewaka dan Mashudi yang mengarah ke Jalan Lingkar Utara telah dibangun dua jalur puluhan tahun yang lalu.

BACA JUGA:Progres Konstruksi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Menuju Rampung di Akhir 2023

Rencana Exit Tol Getaci di Kota Tasikmalaya akan berlokasi di Jalan Sewaka dengan akses jalan terusan tol dua jalur menuju pusat kota Tasikmalaya dan perbatasan Ciamis.

Sementara untuk perjalanan kembali ke Bandung, akan melalui jalur arteri Singaparna-Garut dan Ciawi-Limbangan.

"Saat ini, jalan terusan Tol Getaci sudah mencapai tahap akhir dengan proses pengaspalan. Dengan demikian, ketika pembangunan fisik tol selesai di Kota Tasikmalaya, akses jalan pendukungnya sudah siap digunakan," kata Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Ivam Dicksan kepada Kompas.com di kantornya pada Selasa, 31 Oktober 2023.

BACA JUGA:Menggali Konflik Horizontal di Situs Megalitik Gunung Padang, Koin Mas nya Mau Dikemanakan !

Ivan menambahkan bahwa infrastruktur jalan pendukung Tol Getaci saat ini sedang dalam tahap persiapan, dan ini diharapkan dapat meningkatkan aktivitas ekonomi dan sektor pariwisata di wilayah tersebut.

Ivan juga mengharapkan agar masyarakat yang terkena pembebasan lahan dapat menghindari praktik percaloan selama proses pembayaran ganti rugi lahan.

"Tol Getaci adalah komitmen dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang diungkapkan saat kampanye Pilpres 2019 kepada warga Priangan Timur, Jawa Barat. Meskipun sempat mengalami hambatan dalam proses lelang awal, proyek pembangunan tol ini akhirnya masuk dalam Program Strategis Nasional (PSN). Dengan adanya perubahan trase menjadi tol Gedebage-Tasik-Ciamis (Getaci), lelang ulang dilakukan pada akhir tahun 2023," tambahnya.

BACA JUGA:Kota Emas yang Hilang Penemuan Revolusioner di Mesir

Pada tanggal 31 Oktober 2023, progres lelang Tol Getaci dengan trase baru terlihat dalam proses prakualifikasi di laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), bersama dengan beberapa proyek tol lainnya seperti tol Sentul Selatan-Karawang Barat, Bogor-Serpong Via Parung, dan Kediri-Tulungagung. (Pad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: