Gegenpressing, Tekan Lawan Untuk Raih Kemenangan

Gegenpressing, Tekan Lawan Untuk Raih Kemenangan

Jurgen Klopp, salahsatu pelatih yang menggunakan taktik gegenpressing. Foto: Instagram @liverpoolfc.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Gegenpressing adalah taktik sepak bola modern yang berasal dari Jerman dan telah meraih kesuksesan.

Istilah ini berkaitan dengan taktik dalam sepak bola dan dalam Bahasa Inggris, "gegenpressing" dapat diartikan sebagai "counter-pressing," yaitu menekan lawan.

Dalam taktik gegenpressing, tim memberikan tekanan tinggi kepada lawan secara kolektif.

Tujuannya adalah untuk mencegah lawan memiliki kendali ruang gerak yang bebas setelah kehilangan bola, sehingga tim yang menerapkan taktik ini dapat segera merebut bola kembali dan melakukan serangan balik dengan cepat.

BACA JUGA:Sebut Halland Lebih Layak Menangkan Ballon d'Or, Matthaeus Diejek Di Maria

Taktik ini melibatkan seluruh pemain tim, bukan hanya satu atau dua orang, untuk menutup ruang gerak lawan.

Kelebihan dari gegenpressing yang berhasil adalah bahwa tim dapat merebut bola dari lawan di daerah pertahanan lawan, sehingga bola berada lebih dekat ke gawang lawan.

Namun, kelemahan dari taktik ini adalah ketika gagal, lawan dapat meluncur bebas ke depan tanpa tekanan, sehingga para pemain tim yang menerapkan gegenpressing harus memiliki stamina dan kebugaran yang baik untuk menjalankannya efektif di seluruh posisi lapangan.

BACA JUGA:Tak Lagi Angker, Old Trafford Justru Jadi Kuburan Bagi MU

Taktik gegenpressing pertama kali dikenalkan oleh pelatih asal Jerman, Ralf Ragnick, dan juga diadopsi oleh pelatih seperti Jurgen Klopp, yang berhasil membawa Liverpool meraih kesuksesan di Liga Champions dan Liga Inggris. (cw1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: