Misteri Gunung Bawakaraeng Sulawesi Selatan: Kisah Noni Belanda Penjaga Setan Bule

Misteri Gunung Bawakaraeng Sulawesi Selatan: Kisah Noni Belanda Penjaga Setan Bule

ILUSTRASI.--

MAKASAR, RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Gunung Bawakaraeng, salah satu puncak yang menjulang tinggi di Provinsi Sulawesi Selatan, telah lama menjadi tempat yang menyimpan banyak kisah legenda dan misteri.

Di Indonesia, tidak jarang setiap wilayah pegunungan memiliki kisah mistisnya sendiri, dan Gunung Bawakaraeng tidak terkecuali. 

Dalam kisah mistisnya, terdapat tokoh misterius yang dikenal sebagai Noni Belanda, penjaga setan bule yang menjaga gunung ini.

Gunung Bawakaraeng terletak di Provinsi Sulawesi Selatan, dan wilayah ini memiliki sekitar tiga gunung favorit bagi para pendaki.

BACA JUGA:Alasan Soekarno Enggan Membubarkan PKI, Padahal Sudah Melakukan Kudeta dan Membunuh Para Jenderal

Selain Gunung Bawakaraeng, terdapat Gunung Latimojong di Kabupaten Enrekang dan Gunung Lompobattang yang berada di perbatasan Kabupaten Gowa dan Kabupaten Sinjai.

Namun, di antara ketiganya, Gunung Bawakaraeng adalah yang paling terkenal hingga ke luar wilayah Sulawesi Selatan.

Gunung ini terkenal dengan medan yang terjal dan tingginya mencapai 2830 meter di atas permukaan laut.

Namun, selain tantangan fisiknya, Gunung Bawakaraeng juga menyimpan beragam cerita mistis yang telah tersebar di kalangan pendaki se-Sulawesi Selatan.

BACA JUGA:25 Fakta Unik dan Menakjubkan Benua Antartika, Tidak Ada Bahasa Resmi dan Ibu Kota

Salah satu cerita mistis yang menjadi sorotan adalah tentang keberadaan Pasar Hantu, yang oleh warga setempat disebut sebagai Pasar Anjaya.

Selain itu, terdapat cerita lain yang tidak kalah menarik, yaitu tentang arwah gentayangan perempuan berparas cantik yang dikenal sebagai Noni Belanda.

Mitos tentang Noni Belanda telah diwariskan dari generasi ke generasi oleh penduduk di kaki Gunung Bawakaraeng, khususnya di daerah yang disebut Kampung Lembanna.

Konon, Noni sering muncul saat bulan purnama menyinari malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: