Mengungkap Sejarah Sungai Citarum, Batas Kerajaan dan Mitos Siluman Ular

Mengungkap Sejarah Sungai Citarum, Batas Kerajaan dan Mitos Siluman Ular

ISTIMEWA.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Citarum adalah sungai terpanjang dan terbesar di provinsi Jawa Barat dengan panjang aliran sungai sekitar 300 KM yang melewati beberapa daerah dan kota.

Secara tradisional hulu Citarum dianggap berawal dari lereng gunung wayang, di Tenggara kota Bandung, di wilayah Desa Cibeureum Kertasari Bandung.

Dari hulu ke hilir aliran sungai Citarum mengalir menyusuri berbagai daerah dan menjadi pertemuan berbagai anak sungai yang bermuara di Citarum.

BACA JUGA:5 Ritual Tak Masuk Akal, Para Gadis Suku Ini Lakukan Ritual Berhubungan Pria Menikah, Miliki Keistimewaan

Aliran sungai Citarum kemudian mengarah ke wilayah barat hingga perbatasan antara Bandung Barat dan Cianjur melewati Purwakarta dan terakhir bermuara di Karawang.

Dalam perjalanan sejarah Indonesia khususnya sejarah di tatar sudah Citarum sangat erat kaitannya dengan Kerajaan Tarumanegara.

Sebuah kerajaan besar yang berkuasa di nusantara pada abad ke-4 hingga abad ke-7.

BACA JUGA:Ritual Aneh dan Tak Wajar, Gadis Suku Ini Lakukan Ritual Berhubungan Badan dengan Pria Menikah, Berikan Berkah

Sejak lahir masa Kerajaan Tarumanegara, Citarum menjadi batas alami yang telah disepakati antara kerajaan Sunda dan Galuh.

Yang merupakan dua kerajaan kembar pecahan dari Kerajaan Tarumanegara.

Begitu dikenalnya nama sungai Citarum dari masa kerajaan hingga sekarang.

Jika dilihat dari nilai sejarah, ekonomi dan kehidupan sosial yang melekat di dalamnya menjadikan Citarum Salah satu sungai yang sangat vital akan keberadaannya.

BACA JUGA:Misteri Kota Saranjana: Kota Gaib yang Menyimpan Kisah Menakjubkan di Kalimantan Selatan

yaitu kisah legenda atau mitos mengenai makhluk penjaga serta sang penguasa Citarum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: