Misteri dan Keajaiban Sumatera Barat: Eksplorasi Destinasi Wisata Alam, Religi, dan Budaya yang Menawan

Misteri dan Keajaiban Sumatera Barat: Eksplorasi Destinasi Wisata Alam, Religi, dan Budaya yang Menawan

--

Meski menurut versi lain terowongan ini memiliki panjang 8 Kilomater dan menjadi terowongan terpanjang di Asia Tenggara.

BACA JUGA:Misteri Pusaka Luhur Nusantara: Mengejar Jejak Istana Nabi Sulaiman dalam Peradaban Kuno Indonesia

Mulanya terowongan ini diperuntukkan untuk keperluan menyimpan perbekalan makanan militer Jepang namun lambat laun Lobang Jepang ternyata memiliki fungsi lain seperti tempat pertemuan rahasia dan tempat pengintaian musuh.

Akibat dari kerja paksa yang diterapkan Jepang dalam megaproyek lobang Jepang ini banyak warga Indonesia yang meregang nyawa Karena kelelahan.

Juga ada yang dibunuh karena membangkang dari Kejadian ini timbul berbagai misteri yang membuat Lubang Jepang terkesan horor dan angker.

BACA JUGA:Misteri Pusaka Luhur Nusantara: Mengejar Jejak Nabi Sulaiman dalam Peradaban Kuno Indonesia, Begini Ceritanya!

Yang paling terkenal dari gua ini adalah ruang dapur ruangan dengan luas sekitar 2 x 1.5 merer ini bukan tempat untuk memasak pada umumnya.

Ruangan ini digunakan untuk tempat penyiksaan atau lebih tepatnya tempat memutilasi tubuh para tawanan perang.

Bukit Batu Runcing 

Kawasan Bukit Batu runcing terletak di Dusun Sungai cacang Desa Silungkang Oso Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto disebut Puncak atau bagi masyarakat setempat disebut batu ujian.

Karena terdapat tumpukan batu Kars atau kapur yang sebaiknya meruncing bahkan adapula batu andesit berukuran raksasa dan tingginya mencapai 30 meter yang terbentuk secara alami sejak jutaan tahun silam.

Untuk sampai ke atas kita harus memanjat, beberapa batu bisa dipanjat dengan mudah namun ada pula yang butuhkan keahlian khusus.

 BACA JUGA:Pusaka Luhur Nusantara: Mengejar Jejak Istana Nabi Sulaiman dalam Peradaban Kuno Indonesia, Begini Ceritanya!

Saat berada di atas batu, kita akan disuguhkan dengan pemandangan indah Jalan Lintas yang dipadati oleh kendaraan yang lalu-lalang soalnya itu kita juga bisa Menikmati keindahan Kota Sawahlunto.

Yang seolah dibingkai oleh hamparan hijau bukit-bukit serta menghirup udara segar yang mampu membuat tersenyum kawasan batu lincah pun kerap di jadikan tempat untuk wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: