Gagal Penuhi Syarat, Sangkuriang Tendang Perahu Menjadi Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat

Gagal Penuhi Syarat, Sangkuriang Tendang Perahu Menjadi Gunung Tangkuban Perahu di Jawa Barat

Ilustrasi Sangkuriang menendang perahu.--

RAKYATEMPATLAWANG.DISWAY.ID - Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu Gunung berapi yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Namanya yang unik merujuk pada kisah legenda yang telah dikenal oleh masyarakat setempat sejak zaman dahulu kala.

Kisah tersebut bercerita tentang perahu yang ditendang oleh Sangkuriang dan berubah menjadi gunung yang megah dan menakjubkan. 

BACA JUGA:Keajaiban dan Kutukan Sang Malin Kundang: Legenda Pantai Air Manis

Mari kita menggali lebih dalam mengenai legenda menarik ini yang menjadi bagian dari kebudayaan dan tradisi Jawa Barat.

Kisah legenda Gunung Tangkuban Perahu berakar dari cerita Sangkuriang, seorang pemuda tampan yang merupakan putra dari Dayang Sumbi, seorang ratu di tanah Sunda. 

Cerita dimulai ketika Sangkuriang tidak sengaja bertemu dengan ibunya sendiri, Dayang Sumbi, tanpa menyadari hubungan darah mereka. Mereka berdua sama-sama terpesona dan jatuh cinta satu sama lain.

 BACA JUGA:Cerita Jalan Tol Prabumulih-Muara Enim dan Perubahan di Indonesia

Ketika Dayang Sumbi menyadari kebenaran tersebut, dia sangat terkejut dan putus asa, karena tidak mungkin mereka bisa menikah karena status mereka sebagai ibu dan anak.

Dalam keputusasaannya, Dayang Sumbi memberikan syarat yang tampak mustahil kepada Sangkuriang untuk membuktikan cintanya, yaitu membangun sebuah danau besar dan perahu dalam semalam. 

Dia berharap Sangkuriang tidak mampu menyelesaikan tugas tersebut, dan pernikahan mereka akan terhalang dengan sendirinya. Namun, Sangkuriang menerima tantangan itu dengan tekad bulat, yakin bahwa dia bisa menyelesaikannya untuk mendapatkan cintanya.

BACA JUGA:Arkeologi Bawah Laut: Misi Penemuan Kota Atlantis yang Hilang, Banyak Tantangan dan Kritik

Sangkuriang memulai usahanya untuk membangun danau dan perahu dalam semalam dengan bantuan kekuatan gaib. Dia memohon kepada para dewa dan makhluk supranatural lainnya untuk membantunya dalam tugas yang dianggap mustahil tersebut.

Namun, apa yang tidak diketahui Sangkuriang adalah Dayang Sumbi juga meminta bantuan kepada kekuatan gaib untuk menggagalkan upaya Sangkuriang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: